Tanda -Tanda Sapi Akan Segera Melahirkan

Untuk mempermudah proses peternakan sapi, tanda - tanda sapi akan melahirkan adalah hal yang sangat penting. Masa kehamilan seekor sapi adalah sekitar sembilan bulan, dimana pada masa ini anda mungkin dapat mendeteksi atau mendiagnosa apakah sapi dalam keadaan hamil atau tidak . Jika anda mengetahui tanggal inseminasi pada sapi tersebut dan sapi tersebut telah sering melahirkan atau beranak sebelumnya, ada kemungkinan ia akan melahirkan lagi dalam waktu seperti hamil sebelumnya. Selain itu, banyak petunjuk fisik yang dapat membantu Anda tahu bahwa kelahiran bayi sapi sudah dekat. Sebagai tanggal calving sapi Anda semakin dekat, menonton dengan hati-hati untuk tanda-tanda ini bahwa dia akan melahirkan anak sapi.
sapi beranak

Ambing Akan Mengembang

Mengamati ambing sapi hamil Anda secara teratur akan memberi Anda petunjuk tentang kapan kelahiran mungkin terjadi, tetapi ini juga tergantung pada apakah ia akan melahirkan anak sapi pertama atau ia adalah ibu yang berpengalaman. Sebuah ambing sapi betina pertama kali mungkin mulai mengembang saat dua bulan sebelum kelahiran, sedangkan sapi berpengalaman mulai berubah sekitar dua minggu sebelum melahirkan. Anda akan melihat puting akan terisi. Tak lama sebelum kelahiran, susu sapi bisa saja menetes dari puting susu.

Vulva ( Kemaluan ) Akan Membengkak

Pembengkakan vulva akan dimulai sekitar dua minggu sebelum kelahiran. Anda mungkin melihat benda berlendir tebal muncul dari vulva sapi Anda. Itulah plug serviks yang menyegel leher rahim. Dalam beberapa hewan, hilangnya plug serviks menunjukkan ia akan melahirkan. Seekor sapi akan kehilangan sumbatan serviknyas beberapa minggu sebelum kelahiran tanpa membahayakan janin.

Keadaan Gelisah

Ketika tahap awal persalinan dimulai, sapi Anda akan menjadi gelisah dan tidak akan mau makan. Dia akan mengatur dirinya sendiri dan akan menjauh dari kawanan, mungkin ia akan mencari atau bertempat di sudut yang tenang dari padang rumput. Ia mungkin juga gelisah, dan akan menunjukkannya dengan cara seperti biasanya ( benar-benar dapat menjadi pendiam ). Dia mungkin berbaring berulang kali, dan akan berdiri hanya satu menit.

Pecahnya Air Ketuban

Setelah air ketuban muncul, kontraksi pada sapi tersebut akan menjadi lebih kuat. Ini berarti sapi akan segera melahirkan, tahap ini memakan waktu kurang dari dua jam. Sapi yang telah berpengalaman dalam melahirkan sering mengalami ini dalam waktu 30 menit atau kurang, sementara bagi sapi yang baru pertama kali akan melahirkan mereka akan memakan waktu lebih lama. Jika sapi masih melakukan terlihat seperti itu saja dalam waktu dua jam, anda mungkin perlu memanggil dokter hewan. biasanya ada tanda-tanda anak sapi akan keluar yaitu hidung atau kaki akan muncul.

Langkah – langkah Membantu Sapi Setelah Ia Melahirkan

Setelah sapi muncul, pastikan ia dapat bernapas. Anda perlu membersihkan setiap cairan dari hidungnya. Anda dapat mengeringkannya dengan menggunakan handuk, lalu oleskan yodium ke pusar sapi muda tersebut untuk membunuh kuman yang ada di pusar sapi tersebut. Setelah mencuci ambing, memungkinkan sapi muda ini mengkonsumsi kolostrum ibunya. Dalam waktu 12 jam dari proses melahirkan tadi, sapi harus mengeluarkan plasenta dari perutnya. Hindarkan plasenta tersebut agar induk sapi tersebut tidak memakannya. Jika plasenta tadi tidak muncul dalam waktu 12 jam, anda sebaiknya menghubungi dokter hewan agar mendapat penanganan yang baik. Sebuah plasenta dapat menyebabkan infeksi dan membunuh sapi, sehingga proses pengeluaran plasenta dari induk yang telah melahirkan tadi sangat penting demi kelangsungan hidup sapi.

Ringkasan Proses Tadi

  • ambingnya sudah turun dan putingnya mengeras
  • tulang pelvis dan dua tulangyang menonjol di punggung bagian belakang, legoknya (tingkat kecekungannya) mulai dalam
  • mulai keluar lendir
  • dua minggu menjelang kelahiran, biasanya ternak akan menjadi sangat rakus, menjelang kelahiran nafsu makan berkurang. 
  • sapi maunya jauh" dari teman"nya ...naluri sebagai seorang ibu ingin melindungi anaknya
  • menjelang kelahiran, biasanya sapi akan melakukan kegiatan tidur - bangun - tidur - bangun sambil mengendus" tempat yang cocok untuk bersalin
  • menjelang kelahiran, siapkan jerami kering secukupnya, yodium tinctur/obat merah/betadine dan kain kering
  • bila air ketubannya sudah pecah, segera cermati kalau" anaknya perlu dibantu keluar dengan cara ditarik
  • Saat kelahiran, angkat kaki depan anaknya sehingga kepala pedet ada dibawah beberapa saat. tali pusat dicuci dengan yodium tinctur/betadine lalu diikat dengan cara disimpulkan lalu beri yodium tincur/betadine lagi
  • dekatkan anak sapi pada induk agar dipijat dan dikeringkan badannya. berperan dalam memperlancar pembuluh darah
  • bila induknya tidak mau menjilati, segera kita lap anak sapi tadi sampai kering.
  • 15 menit kemudian, anak sapi akan berdiri dan berjalan mencari puting induknya.
  • bila induk tidak mau menyusui, peras air susunya minimal 1liter untuk anak sapi tersebut.
  • minimal 0,5 liter di dua jam pertama harus disusukan, sisanya disimpan dalam pendingin