Cara Berkembang Biak Wortel

Wortel adalah salah satu tanaman sehat yang mengandung vitamin a yang baik untuk mata. Namun, tahukan anda cara wortel berkembang biak atau bereproduksi ? wortel pada dasarnya adalaah tanaman dan kita tahu kebanyakan tanaman menggunakan biji untuk melanjutkan generasinya. Tidak seperti kentang dan sayuran akar lainnya, mereka tidak tumbuh dari umbi atau rimpang. Wortel adalah tanaman musim dingin atau tumbuh baik di tempat yang beriklim cukup dingin.
wortel berkembang biak
Wortel adalah tumbuhan dua tahunan, yang berarti bahwa siklus hidup dari tanaman ini membutuhkan waktu dua tahun dari benih hingga mati. Pada tahun pertama dari siklus hidup wortel dalam benih berkembang menjadi tanaman dewasa. Hal ini setelah paruh pertama siklus hidup bahwa wortel biasanya dipanen. Selama paruh kedua siklus hidup adalah ketika berbunga dan reproduksi berlangsung.

Pada saat dewasa, tanaman wortel akan menghasilkan bunga. Bunga-bunga tersebut akan melakukan proses kawin (penyerbukan) dan di kenal sebagai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan wortel. Setiap bunga dalam memiliki kapasitas untuk memproduksi dua biji. Untuk menghasilkan benih tanaman harus diserbuki. Bunga-bunga dari tanaman wortel dapat menyerbuki dirinya sendiri atau di serbuki oleh tanaman wortel lainnya. Penyerbukan silang dapat terjadi antara individu dari spesies yang sama (dari jenis wortel yang sama) atau bahkan antara spesies wortel yang berbeda. Setelah melakukan penyerbukan barulah biji dari tanaman wortel ini akan terbentuk, lalu biji inilah yang akan tumbuh menjadi tanaman wortel yang baru dan proses ini akan berlangsung terus menerus.

Serbuk sari diproduksi oleh bagian laki-laki dari tanaman yaitu serbuk sari. Serbuk sari, yang berisi sperma, ditransfer ke stigma tanaman oleh beberapa hewan yang membantu pembuahan tanaman wortel seperti lebah madu atau lalat. Ketikaserbuk sari dipindahkan ke stigma maka serbuk sari akan menghasilkan sebuah tabung sehingga dapat mencapai ovula di bagian betina dari bunga wortel. Jika serbuk sari mencapai ovula sperma dilepaskan dan terjadilah pembuahan pada bunga tersebut. Setelah pembuahan selesai, embrio akan mulai terbentuk. Embrio akan terbungkus dalam benih (biji) dan akan mampu menghasilkan tanaman wortel baru.

Biji wortel yang sangat kecil dan yang terkandung dalam buah. Buah dari tanaman ini terbagi menjadi bagian unggulan terpisah ketika sudah cukup kering. Setiap bagian memiliki duri yang tersebar di permukaannya. Duri sering dihilangkan pada benih yang diproduksi secara komersial. Produksi secara komersial ini berguna bagi petani wortel yang akan menanam wortel sehingga memudahkan petani memperoleh benih wortel.
Demikianlah Penjelasan bagaimana wortel berkembangbiak atau cara bereproduksi tanaman wortel, semoga referensi ini dapat di gunakan sebaik-baiknya. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.