Kebutuhan Manusia Menurut Sifat, Subjek dan Waktunya

Kita telah mengetahui bahwa setiap manusia memiliki kebutuhannya masing – masing dimana kebutuhan manusia tersebut dapat juga kita bagi berdasarkan sifatnya atau sumber yang merasakan, subjeknya dan juga waktu untuk pemenuhannya dapat di bagi kedalam beberapa kelompok. Kebutuhan – kebutuhan ini adalah hal yang harus atau ingin/akan ia penuhi untuk keberlangsungan hidupnya ataupun hanya untuk memenuhi keinginannya.
Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya / Sumber Yang Merasakan

Kebutuhan manusia berdasarkan sumber yang merasakan dapat kita kelompokkan menjadi dua yaitu kebutuhan jasmasi dan rohani manusia.

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan seorang manusia yang lebih banyak dirasakan oleh jasmani atau badan manusia tersebut. Misalnya saja seseorang yang sedang lapar membutuhkan makanan untuk dapat membuat perutnya menjadi kenyang. Seseorang yang memakai baju di badannya akan merasa lebih nyaman karena tidak malu. Untuk waktu tertentu, misalya saja seperti musim dingin, manusia tersebut juga akan merasa hangat dengan pakaian yang lebih tebal seperti jaket. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa makanan dan pakaian juga termasuk kedalam kebutuhan jasmani karena ia memiliki pengaruh terhadap jasmani atau tubuh seseorang.
Yang termasuk kedalam kebutuhan jasmani yang lainnya adalah melakukan kegiatan olahraga. Manusia dapat melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga agar badannya tetap sehat. Dengan begitu ia dapat melakukan aktivitas lainnya.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang lebih banyak dirasakan oleh rohani atau jiwa manusia tersebut. Kebutuhan rohani manusia berkaitan dengan tuntutan akan peresaan, etika, dan juga keyakinan seseorang. Setiap orang pasti ingin memiliki ketentraman, kenyamanan dan keyakinan. Kebutuhan seseorang terhadap suatu keyakinan atau agama menjadikan seseorang merasa tentram dan memiliki pegangan dalam hidupnya. Dalam rangka mengendurkan ketegangan pikiran karena beban pekerjaan sehari-hari, orang dapat melakukan rekreasi ke tempat-tempat wisata.

Kebutuhan Manusia Menurut Subjeknya

Berdasarkan subjek yang merasakan kebutuhan tersebut, kita juga dapat membaginya menjadi dua kelompok yaitu :

Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang dimiliki atau dirasakan oleh seseorang secara individu ( dirasakan oleh manusia itu sendiri ) dan pemenuhannya dapat di lakukan secara individu pula. Contohnya saja adalah kebutuhan buku tulis untuk siswa sekolah dasar akan berbeda-beda karena apa yang akan mereka tulis dibukunya adalah kebutuhan anak itu sendiri.

Kebutuhan Kelompok atau Kolektif

Kebutuhan dari suatu kelompok tertentu merupakan kebutuhan yang di rasakan oleh sekelompok orang yang secara bersamaan perlu untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan pemenuhannya pun dapat di lakukan secara berkelompok atau bersama-sama. Contohnya adalah kebutuhan akan pendidikan di wilayah tertentu.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktunya, kebutuhan manusia dapat kita kelompokkan menjadi dua yaitu :

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus di penuhi langsung pada saat kebutuhan itu di rasakan, pada dasarnya kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang tidak dapat di tunda untuk memenuhinya. Misalnya saja kebutuhan akan minuman bagi orang yang merasakan kehausan dan kebutuhan akan darah bagi seseorang yang mengalami kekurangan darah yang sangat banyak serta makanan bagi seseorang yang sedang merasakan kelaparan.

Kebutuhan Yang Akan Datang

Kebutuhan yang akan dating merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat di tunda atau tidak harus di penuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan. Kebutuhan yang akan dating lebih mngerah pada persiapan-persiapan untuk menghadapi kebutuhannya pada waktu yang akan dating. Misalnya saja bagi seseorang yang menginginkan dana pensiun yang cukup untuk kehidupan di hari tuanya, seseorang tersebut dapat menabung atau mengikuti program asuransi mulai dari sekarang.