Sebelum lebih jauh membahas pengertian, cabang - cabang ilmu dan manfaat mempelajari ilmu astronomi di posting ini pasti anda setidaknya tahu bahwa atronomi merupakan ilmu yang mempelajari benda langit. Ilmu ini biasanya diajarkan bahkan dari SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk memperjelasnya, kita dapat membaca penjelasan berikut.
Pengertian Astronomi Beserta Cabang - cabang Ilmu dan Manfaatnya

Pengertian Astronomi

Astronomi adalah cabang ilmu alam yang meliputi pengamatan benda - benda langit  serta fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Benda langit yang di maksud disini adalah bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, galaksi dan lainnya. Dan fenomena alam yang dimaksud adalah seperti radiasi latar belakang kosmik atau radiasi CMB.

Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit, seperti
  • Asal - usul benda langit
  • Sifat fisika/kimia dari benda langit
  • Meteorologi pada bumi
  • Gerak planet, bintang, komet dan sebagainya

Cabang-cabang Ilmu Astronomi

Ilmu astronomi juga memiliki cabang – cabang yang membahas hal yang lebih spesifik. Cabang – cabang ilmu astronomi adalah :

Kosmogoni

Kosmogoni adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari asal usul dan cara terjadinya benda-benda angkasa seperti bintang, matahari, dan planet-planet (termasuk bumi).

Astrofisika

Astrofisika adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari sifat-sifat fisik dan spesifik benda-benda angkasa yang meliputi: temperatur (suhu) dan radiasi, keadaan atmosfer, keadaan permukaan benda angkasa, keadaan lapisan, dan gejala-gejala lain yang disebabkan oleh sifat fisik tersebut.

Astronomi Posisi atau Astrometri

 Astrometri adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari hubungan geometris benda-benda angkasa, meliputi: kedudukan benda-benda angkasa, jarak benda angkasa yang satu dengan yang lain, ukuran benda angkasa, rotasi dan revolusinya.

Astronomi Praktis

 Astronomi praktis adalah cabang ilmu Astronomi yang mempelajari bagaimana cara mengadakan observasi terhadap benda-benda angkasa, dengan alat-alat astronomis dan metode yang sesuai, sehingga diperoleh data yang memenuhi persyaratan benar.

Astronomi Deskriptif

Astronomi Deskriptif adalah cabang ilmu Astronomi yang  menjelaskan secara teratur atau sistematis tentang fakta-fakta / gejala-gejala astronomis dan bagaimana terjadinya gejala-gejala tersebut serta sebab musababnya.

Manfaat Ilmu Astronomi

Kita mengetahui bahwa setiap ilmu pasti memiliki manfaat saat kita mempelajari ilmu tersebut. Seperti halnya ilmu yang lain, astronomi juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia diantaranya adalah :

Mengetahui Pengaruh Benda Langit Terhadap Bumi

Sebagai mahluk hidup yang memiliki akal pasti manusia memiliki rasa ingit tahu yang tinggi, inilah yang akan membuat manusia mempelajari ilmu astronomi. Dampaknya adalah bahwa manusia akan mengetahui atau setidaknya dapat memprediksi hal yang terjadi di bumi berdasarkan pengetahuannya mengenai hal – hal di luar bumi. Misalnya saja mampu memprediksi kapan terjadinya gerhana matahari, gerhana bulan dan sebagainya.

Menentukan waktu dengan berpatokan pada benda langit

Dengan adanya matahari dan bulan kita dapat menentukan waktu, misalnya saja siang dan malam. Selain itu kita juga dapat memprediksi musim, dan hal – hal lain yang berhubungan dengan waktu.

Membantu menentukan arah mata angin

Kita sudah mengetahui bahwa nelayan pada zaman dahulu menggunakan bintang sebagai penunjuk arah mata angin. Karna posisinya yang tetap inilah yang sangat membantu para nelayan untuk menentukan arah kemana mereka harus pergi dan kembali.

Petunjuk fenomena alam (kejadian-kejadian alam) di bumi

Pergerakan matahari dan benda langit lainnya juga mempengaruhi musim yang ada di bumi, dengan mempelajari astronomi kita dapat memprediksi musim dan hal yang terjadi di bumi. Selain itu juga dapat meramalkan cuaca dan masih banyak lagi.

No comments