Cara Berkembang Biak Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang adalah salah satu tumbuhan yang sangat banyak di gunakan oleh manusia, selain sebagai bumbu atau makanan, bawang juga di gunakan sebagai obat obatan. oleh karena itu bawang banyak di pelihara. Untuk memelihara bawang kita tentu perlu mengetahui cara berkembang biak bawang.
Telah kita ketahui bahwa terdapat banyaj jenis bawang misalnya bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Namun pada artikel kali ini kami akan membahas perkembangbiakan dari bawang yang ada pada judul artikel ini saja. Berikut adalah proses perkembangbiakannya.

Cara berkembang biak bawang merah

Bawang merah berkembang biak dengan cara seksual dan aseksual. Dalam proses perkembangbiakan seksual ( perkembang biakan dengn cara kawin ), penyerbukan bawang di bantu oleh lebah dan serangga lainnya sebelum menjadi benih ( biji ) yang siap tumbuh sebagai individu baru. Namun, proses ini memakan waktu yang lama sehingga bawang merah sangat jarang berkembang biak dengan cara ini.

Selain dengan cara seksual, bawang juga berkembang biak dengan cara aseksual yaitu  dengan umbi lapis. Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Perkembang biakan ini menggunakan bagian tengah dari lapisan bawang ini. Dengan menanamnya maka akan di peroleh individu baru dari bawang merah tersebut. cara ini adalah yang paling cepat di gunakan untuk memperoleh tumbuhan bawang yang baru karna prosesnya cukup sederhana.

Cara berkembang biak bawang putih

Reproduksi bawang putih sama dengan bawang merah yaitu melalui umbi lapis. Siung bawang putih ditanam dan mereka akan individu yang baru namun memiliki genetik yang sama dengan induknya. Perkembang biakan ini di sebut dengan vegetatif dimana tidak di perlukan induk jantan dan betina ( dalam hal ini tidak terjadi perkawinan ) pada bunga di tumbuhan bawang.

Umbi lapis adalah salah satu contoh vegetatif alami dan ini berarti bahwa setiap individu dapat melakukannya tanpa campur tangan manusia. Pada vegetatif buatan, campur tangan manusia di perlukan agar mendapat individu tumbuhan yang baru.