Alat Ukur Waktu dan Macamnya

Waktu adalah salah satu besaran pokok, dimana setiap besaran pokok memiliki alat ukur sendiri. Salah satu satuan dalam waktu adalah detik. Kali ini kami akan memaparkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur waktu.

contoh alat ukur waktu

Pengertian alat ukur waktu

Alat ukur waktu adalah instrument ( alat ) yang di gunakan untuk menghitung besaran waktu, dan biasanya dalam satuan detik. Contoh alat ukur waktu adalah stopwatch, arloji dan jam dinding.

Dalam kehidupan sehari – hari kita sangat sering menggunakan alat ukur waktu yaitu jam, dengan jam kita dapat menentukan berapa lama waktu yang telah berlalu, waktu yang akan dating dsb.

Macam – macam alat ukur waktu

Seperti yang telah di sebutkan bahwa untuk mengukur waktu kita memerlukan alat ukur, berikut adalah alat ukur yang dapat kita gunakan :

Jam

jam digunakan untuk mengukur waktu dalam kehidupan sehari-hari dan paling sering digunakan. Pada jam biasanya menggunakan satuan terkecil yaitu detik dan terbesar yaitu jam dengan 1 detik adalah skala terkecil pada jam, jadi ketelitian jam adalah 0,5 sekon ( detik ). Dengan adanya satuan tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui waktu yang telah berlalu atau menghitung waktu yang dibutuhkan dari rumah ke sekolah.

Arloji

Arloji atau jam tangan adalah salah satu dari jenis jam. Banyak orang yang menggunakan arloji karna tidak ingin susah untuk mencari jam, tinggal melihat jam di tangan mereka lalu mereka telah mengetahui waktu. Sama seperti jam biasa, alat ukur ini memiliki ketelitian 0,5 sekon.

Stopwatch

Stopwatch adalah alat ukur waktu yang mana di dalamnya terdapat satuan menit, detik, dan jam. Alat ini biasanya digunakan untuk kegiatan yang memerlukan hitungan dari 0 untuk mempermudah dan mempercepat pendataan. Contohnya adalah saat pelari menggunakan alat ini untuk mengukur kecepatan larinya dengan jarak 100 meter. Ketelitian stopwatch juga lebih tinggi dari jam yaitu 0,1 sekon. Tapi, sekarang telah berkembang stopwatch yang memiliki ketelitian lebih tinggi seperti milisecond bahkan microsecond.

Jam Pasir

Jam pasir adalah alat ukur waktu yang di gunakan pada zaman dulu ketika satuan detik belum di tetapkan sebagai satuan internasional. Pada jam pasir terdapat 2 tabung yang mana pada tabung atas berisi penuh pasir dan di bagian bawah tidak ada pasir, dengan di hubungkan oleh lubang agar pasir dapat jatuh ke tabung bagian bawah. Ketika semua pasir berpindah ke tabung bagian bawah maka itu menandakan waktu telah berlalu dalam satuan jam pasir tersebut, biasanya satu jam.

Kalender

Kalender atau sistem penanggalan adalah alat ukur waktu yang di gunakan untuk mengukur waktu yang lama seperti  hari, bulan dan tahun. Skala terkecil dari kalender adalah satu hari, jadi ketelitiannya adalah setengah hari.