Cara Berkembang Biak Jahe

Jahe adalah tumbuhan yang sangat berguna bagi manusia dan dapat di jadikan bumbu daput hingga obat - obatan. Di daerah dingin, jahe tidak dapat tumbuh dengan baik sehingga jahe di masukkan ke ruangan dan di letakkan pada pot selama musim dingin dan di keluarkan bila musim dingin sudah lewat. Berikut adalah cara perkembangbiakan biak jahe.
Cara Berkembang Biak Tumbuhan Jahe Cara berkembang biak jahe adalah dengan rhizoma ( akar tinggal ) atau rimpang. Daun, tangkai dan akar tanaman jahe tumbuh dari rimpang. Rimpang adalah sebagian dari batang yang tumbuh sedikit di bawah permukaan tanah dan biasanya mengembung. Rimpang memiliki "mata" yaitu bagian berbentuk bulat kecil di mana tunas baru terbentuk dan tumbuh dimana nantinya akan memproduksi daun dan batang.

Rimpang pada jahe tumbuh dari pusat keluar, dan akan secara bertahap memanjang dan tumbuh. Daun yang melakukan fotosintesis mengubah energi dari matahari dan menyimpannya sebagai cadangan makanan pada rimpang di bawah tanah. Akar tumbuh dari rimpang ke dalam tanah dan mentransfer air dan nutrisi dari tanah. Jahe yang bereproduksi dengan rimpang terus memanjang dan tidak menciptakan rimpang kecil baru dari tanaman induk.

Anda dapat menanam jahe di taman rumah Anda dari sepotong jahe segar. Jahe yang telah dikeringkan atau yang sebelumnya telah dibekukan tidak akan tumbuh dengan baik. Untuk menanam jahe, potonglah jahe sepanjang 1 sampai 1,5 inci, panjang tersebut adalah panjang yang ideal. Setelah memotong jahe menjadi beberapa bagian, diamkan di meja untuk dua sampai tiga hari. Setelah akar jahe telah sembuh sedikit berarti mereka siap untuk di tanam. Mengeluarkan akar sebelum di tanam membantu mencegah jahe tersebut membusuk di dalam tanah.

Jahe lebih suka tanah yang subur kaya dan teduh. Ketika ditanam di pot atau wadah, pot harus di berikan lubang di bagian bawah agar pot tidak tergenang saat di siram. Rimpang jahe tumbuh baik dengan setiap bagian ditanam secara horizontal, dan dengan kedalaman 8 inci dalam tanah. Anda tahu kapan jahe Anda siap panen dengan melihat ujung atasnya. Ketika mereka berubah menjadi cokelat dan kering, berarti jahe siap untuk digali.