Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak

Setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan sudah tentu melakukan perkembangbiakan dengan cara reproduksi. Cara bereproduksi makhluk hidup juga sangat beragam mulai dari hewan yang bertelur seperti ayam hingga melahirkan seperti sapi, tumbuhan yang berkembangbiak dengan perkawinan melalui bunga hingga melalui umbi. Kesemuanya itu di lakukan oleh makhluk hidup tentu memiliki tujuan,  berikut adalah tujuannya
kadal berkembang biak

Agar tidak punah

Salah satu tujuan utama dari makhluk hidup berkembang biak adalah untuk mempertahankan jenisnya ( spesiesnya ) di alam agar tidak punah. Dengan begitu spesies yang bersangkutan akan terus dapat di temukan di alam. Kepunahan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh makhluk hidup. Ada beberapa hewan yang telah dinyatakan punah sehingga kita tidak dapat lagi menemukannya di alam, dan ada hewan yang di nyatakan akan mengalami kepunahan hingga perlu campur tangan manusia agar hewan tersebut tidak punah dan dapat di lihat oleh anak cucu kita nantinya.

Mempertahankan spesiesnya

Agar tidak punah tentu saja bukan satu-satunya alasan untuk berkembang biak. Misalnya saja di alam yang penuh dengan predator, tentu untuk mempertahankan spesiesnya di area tersebut harus melakukan perkembangbiakan. Ada beberapa hewan yang memiliki banyak keturunan dalam sekali bereproduksi, misalnya saja kura - kura di suatu daerah. Kura - kura bertelur hingga ratusan karena di alam kura - kura muda sangat rentan, dan dari ratusan tersebut hanya beberapa yang dapat mencapai dewasa. Jika kura - kura di daerah tersebut hanya bertelur 2 butir, maka kemungkinan jumlah kura - kura di tempat tersebut akan terus berkurang karena kemampuan mereka mempertahankan diri menjadi berkurang.

Agar mendapatkan keturunan

Pada beberapa mahluk hidup keturunan adalah hal yang sangat penting dan menjadi lambang sebuah keluarga, sehingga keturunan tersebut di inginkan. Walaupun jumlah mahluk hidup tersebut tergolong cukup banyak dan jauh dari kata kepunahan. Manusia adalah salah satu contoh makhluk hidup yang  selalu menginginkan keturunan di keluarganya.

Demikianlah alasan makhluk hidup berkembang biak / bereproduksi. Namun seperti yang telah di katakan bahwa mempertahankan jenisnya agar tidah punah adalah alasan utama.