25+ Contoh Hewan Vivipar

Hewan vivipar adalah hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara beranak atau melahirkan anaknya. Kebanyakan yang termasuk kedalam hewan vivipar adalah hewan mamalia ( hewan yang menyusui anaknya ). Berikut adalah contoh hewan vivipar :
contoh hewan vivipar

1. Kera

Kera adalah salah satu hewan mamalia, hewan ini termasuk hewan vivipar karena ia berkembangbiak dengan cara melahirkan anaknya.

2. Sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang banyak di manfaatkan oleh manusia, mulai dari dagingnya, susunya hingga tenaganya. Dulu sapi digunakan untuk mengolah tanah pertanian, namun sekarang tenaga sapi sudah tergantikan oleh mesin. Olahan susu sapi juga sudah dalam berbagai bentuk.

3. Gajah

Anda pasti sudah tau hewan yang satu ini, salah satu ikon hewan bertubuh besar. Hewan yang termasuk mamalia ini berkembang biak dengan cara vivipar dan melahirkan satu anak setiap kali melahirkan anaknya.

4. Kuda

Kuda adalah hewan yang sering digunakan untuk menarik kereta atau sering digunakan dalam perlombaan pacuan kuda. Hewan herbivora ini juga termasuk kedalam hewan vivipar.

5. Paus

Paus adalah salah satu hewan mamalia yang hidup di air, jadi paus bukanlah bangsa ikan. Ikan melakukan perkembangbiakan dengan cara ovipar, namun karena paus adalah mamalia ia melahirkan anaknya.

6. Kambing

Hewan herbivora yang satu ini sangat sering dimanfaatkan dagingnya karena mudah didapat setelah sapi. Sama seperti sapi, susunya juga dapat dimanfaatkan dan ia termasuk hewan yang melahirkan anaknya.

7. Singa

Singa adalah salah satu hewan mamalia pemakan daging ( karnivora ). Hewan ini memiliki julukan raja hutan. Singa juga termasuk kedalam contoh hewan vivipar karena melahirkan anaknya.

8. Harimau

Hewan buas yang memiliki tubuh loreng ini adalah hewan karnivora, sama seperti singa. Hewan ini juga melahirkan anaknya.

9. Unta

Unda adalah hewan yang biasa di temukan di daerah panas. Unta memiliki punuk di punggungnnya yang berguna untuk menyimpan air. Ketika kekurangan air ia akan minum menggunakan air di punuknya tersebut sehingga hewan ini tahan melewati gurun pasir.

10. Kelelawar

Kelelawar adalah salah satu mamalia yang dapat terbang. Hewan yang memiliki pendengaran yang baik ini juga melahirkan anaknya. Tidak seperti burung yang bertelur.

11. Tikus

Hewan pengerat yang sering menjadi hama bagi para petani ini adalah salah satu hewan vivipar juga. Ia dapat melahirkan beberapa anak dalam sekali melahirkan.

12. Kucing

Anda mungkin memelihara hewan yang satu ini, dan anda pasti sudah tau bahwa kucing juga melahirkan anaknya. Ada banyak jenis kucing yang ada di dunia.

13. Jerapah

Jerapah terkenal karena memiliki leher yang panjang, ia dapat memakan tumbuhan yang tinggi dengan memanfaatkan leher panjangnya tersebut. Jerapah juga termasuk hewan yang melahirkan anaknya ( vivipar ).

14. Anjing

Anjing juga adalah salah satu hewan vivipar, ia dapat melahirkan beberapa anak dalam sekali beranak.

15. Orang utan

Orang utan adalah salah satu primata, dan termasuk kedalam mamalia. Orang utan juga melahirkan anaknya sama seperti mamalia yang lainnya.

16. Lumba –lumba

Mamalia laut yang sama seperti paus ini juga melahirkan anaknya. Lumba – lumba sangat di senangi manusia karena ia adalah hewan yang jinak dan bersahabat.

17. Anjing laut

Sama seperti lumba – lumba, hewan ini juga adalah mamalia. Ia berkembangbiak dengan cara melahirkan anaknya.

18. Singa laut

Anjing laut juga adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan anaknya. Hewan ini di sebut singa laut karena memiliki wajah seperti singa namun berada dilaut.

19. Pesut

Ikan ini adalah salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar.

20. Tupai

Hewan yang sering menjadi animasi ini ternyata hewan mamalia dan ia adalah salah satu contoh hewan vivipar.

21. Domba

Domba adalah salah satu hewan yang sering dimanfaatkan daging dan susunya. Domba juga adalah hewan yang melahirkan anaknya.

22. Kerbau

Kerabat sapi ini sering dimanfaatkan dagingnya, sama seperti sapi namum memiliki ukuran yang lebih besar.

23. Kelinci

Kelinci adalah hewan yang sangat lucu sehingga banyak yang memeliharanya. Kelinci juga termasuk kedalam hewan herbivore dan mamalia.

24. Marmut

Hewan yang mirip tikus ini sering dijadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu. Meskiput tubuhnya kecil, hewan ini juga termasuk kedalam mamalia.

25. Monyet

Hewan yang memiliki kekerabatan yang dekat dengan kera dan orang ini juga termasuk hewan mamalia. Mereka sama – sama termasuk kedalam hewan primata.

26. Koala

Hewan asli Australia yang lucu ini juga termasuk contoh hewan vivipar atau hewan yang melahirkan anakanya.