Pengertian Sumber Daya dan Macamnya

Kita sering mendengar istilah sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan istilah – istilah lainnya yang berkaitan dengan sumber daya. Dimana kesemua istilah tersebut menunjukkan potensi yang dimiliki dan ia dapat digunakan untuk mensejahterakan manusia. misalnya saja kita menyebut sumber daya alam di daerah A, berarti bahwa di daerah A memiliki hal yang potensial dimana berhubungan dengan alam (misalnya saja batubara) yang dapat digunakan untuk mensejahterkan manusia dengan cara mengolahnya. Jadi apakah pengertian sumber daya ? berikut akan dijelaskan.

contoh sumber daya

Pengertian Sumber Daya

Sumber daya adalah suatu potensi yang dimiliki oleh materi atau unsur lain dalam kehidupan dimana ia dapat meningkatkan kesejahteraan manusia. Salah satu contoh sumber daya adalah batubara ( batubara adalah contoh dari sumber daya alam ) dimana ia memiliki potensi untuk dijadikan bahan bakar, dengan begitu manusia dapat mensejahterakan dirinya dengan mengolah batubara tersebut.

Sumber daya tidak hanya dapat mensejahterakan manusia dengan cara di olah saja, namun dapat juga dengan cara di jual. Namun tentunya pengolahan adalah langkah yang paling menguntungkan bagi suatu daerah yang memiliki potensi. Menjual adalah pilihan yang dilakukan jika masyarakat daerah tersebut tidak mampu mengolahnya.

Setiap sumber daya memiliki kegunaan yang lebih spesifik dan memiliki ciri tersendiri, ada yang berguna bagi kehidupan di daerah itu sendiri dan ada yang berguna bagi daerah lain. Selain itu ada sumber daya yang dapat di perbarui dan ada yang tidak, kesemuanya tergantung dari bentuknya. Misalnya saja kayu, termasuk sumber daya yang dapat di perbarui namun memiliki waktu yang cukup lama untuk memperbaharuinya. Di sisi lain ada minyak bumi yang tidak dapat di perbaharui, dan lambat laun minyak tersebut akan habis, oleh karena itu manusia harus berhemat dalam penggunaannya.

Macam-macam sumber daya

Sebenarnya ada banyak sekali sumber daya yang ada di lingkungan kita, misalnya saja batu, air dan hutan juga dapat di katakana sumber daya jika jumlahnya mampu di olah dan menjadikan manusia yang tinggal di sekitarnya menjadi lebih sejahtera. Namun, berikut hanya akan di sebutkan sumber daya yang umum di pelajari. Berikut adalah macam – macam sumber daya :

1. Sumber daya manusia (SDM)

Sumber daya manusia adalah sumber daya yang ada pada manusia itu sendiri. Biasanya sumber daya ini digunakan dalam proses produksi barang atau jasa, dimana dengan adanya manusia yang mampu memproduksi suatu barang maka manusia akan lebih sejahtera. Pada manusia terdapat tenaga, keahlian dan kepribadian yang menjadi sumber daya, dimana semakin baik tenaga, keahlian dan kepribadian di suatu daerah maka daerah tersebut akan semakin baik.

Namun, tentunya sumber daya manusia dapat menjadi lebih baik lagi jika memiliki sumber daya yang lain sebagai penunjangnya.

2. Sumber daya alam (SDA)

Sumber daya alam adalah sumber daya yang  berasal dari alam, ia dapat di olah menjadi sesuatu barang atau jasa yang berharga. Misalanya saja minyak bumi yang terdapat di suatu daerah akan menjadikan daerah tersebut menjadi penghasil minyak dimana minyak tersebut dapat di jual ataupun digunakan sendiri. Minyak akan sangat bermanfaat bagi manusia jika dapat di olah dengan baik.

Seperti halnya sumber daya manusia, sumber daya alam juga memerlukan sumber daya lain sebagai penunjang. Misalnya saja sumber daya manusia yang mampu dan memiliki keahlian dalam mengolah minyak mentah menjadi minyak yang siap pakai sehingga potensi minyak tersebut menjadi dapat di gunakan seutuhnya.

3. Sumber daya modal

Sumber daya modal atau kapital adalah suatu sarana untuk mendukung proses produksi suatu barang atau jasa. Modal tersebut tidak hanya berupa uang namun teknologi, peralatan, mesin-mesin, tanah, informasi, dan sebagainya juga termasuk modal karena dapat mendukung proses produksi. Dengan adanya modal maka proses produksi akan menjadi lebih mudah dan efisien, misalnya saja penggunaan traktor oleh petani akan mempercepat pengolahan lahan daripada cara manual dan tradisional lainnya.