Cara Berkembang Biak Apel

Apel adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi, namun tahukah Anda cara berkembang biak pohon apel? Apel umumnya berkembang biak dengan cara seksual (generatif) yaitu lebih tepatnya dengan biji, buah dan biji berasal dari hasil bertemunya serbuk sari dan ovum yang ada di putik. Saat bertemu akan menghasilkan zigot dan lama kelamaan akan menghasilkan buah apel.
Cara Berkembang Biak Apel Didalam buah apel terdapat biji, dengan biji inilah nantinya akan terbentuk individu pohon apel yang baru. Buah apel yang sudah masak dan layu akan jatuk ketanah, lalu dari bijinya akan tumbuh tunas sehingga menjadi anak tumbuhan apel. Proses tersebut terus menerus berulang, namun waktunya bergantung dari keadaan alam.

Dalam proses penyerbukan, apel kadang dibantu oleh hewan lain seperti lebah madu. Lebah madi ini akan hinggap di bunga dan pada kakinya akan menempel serbuk sari. Setelah itu lebah tersebut terbang dan hinggap lagi di bunga lainnya dan serbuk sari yang tadi menempel pada kaki lebah tersebut akan menempel pada putik bunga lainnya.

Meskipun apel dalam keadaan alaminya berkembang biak dengan biji, namun sekarang banyak teknik yang digunakan untuk memperbanyak pohon apel. Salah satu cara berkembang biak apel ayng lain adalah dengan cara berkembang biak dengan cara aseksual buatan yaitu cangkok. Biasanya petani apel mencangkok tumbuhan apel agar dapat memperbanyak pohon apel dengan cepat. Dengan cangkok juga petani dapat menentukan tempat menanamnya sehingga kebun apel akan terlihat rapi.

Cara perkembangbiakan apel secara aseksual lainnya adalah dengan cara okulasi, yaitu dengan cara menempelkan tunas apel pada batang tumbuhan lain.namun tidak semua jenis tumbuhan yang dapat menjadi wadah okulasi apel.

Pohon apel banyak di kembangbiakkan didaerah yang dingin atau memiliki udara yang sejuk. Pohon apel dapat tumbuh hingga 3 sampai dengan 12 meter, tergantung dari jenis apelnya. Apel sendiri memiliki 57.000 gen, itu lebih banyak dari gen manusia. Apel dikatakan sebagai tumbuhan awal yang dikembangkan dalam pertanian, dan dibawa masuk ke amerika pada abad ke 17. Apel banyak diceritakan dalam kisah-kisah karena apel telah lama menjadi tumbuhan pertanian.