Cara Berkembang Biak Cicak

Cicak atau “cecak” adalah salah satu hewan yang termasuk hewan reptil, dan berkembang biak seperti kebanyakan reptil lainnya. Hewan ini sering sekali kita jumpai dirumah-rumah dan pohon-pohon. Cicak biasanya berwarna abu-abu atau coklat. Cicak memiliki banyak spesies, dan setiap spesies memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri.
Cara Berkembang Biak Cicak Kebanyakan cicak berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar, namun pada beberapa jenis ada yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur-beranak (ovovivipar), seperti yang telah dikatakan sebelunya bahwa perkembangbiakannya hampir sama dengan reptil lainnya seperti ular dan buaya. Cicak betina biasanya mengeluarkan dua atau kebih telur dalam sekali kehamilan, jumlah tersebut bias saja lebih banyak tergantung dari jenis cicak tersebut. Pada kebanyakan cicak biasanya bertelur sekali dalam setahun, namun pada spesies tertentu bias saja empat hingga enam kali dalam setahun. Ada lebih dari 2000 jenis spesies cicak yang berbeda.

Kopulasi pada cicak

Cicak berkembang biak dengan cara seksual yaitu dengan mkelakukan kopulasi antara cicak jantan dan cicak betina. Lalu hasilnya adalah zigot yang nantinya akan berkembang menjadi telur. Ada telur yang langsung dikeluarkan dan ada juga telur yang didiamkan hingga menetas, tergantung spesies dari cicak tersebut.

Cara cicak melindungi telur dan lama menetas

Cicak biasanya menyembunyikan telur yang dia hasilkan di belakang-belakang lemari, kulit kayu dan sebagainya agar telurnya aman dari incaran predatornya. Telur cicak berwarna putih dan berukuran kecil. Lama telur cicak dari dikeluarkan hingga menetas adalah sekitar 30 hingga 80 hari, tergantung dari spesies cicak tersebut.

Hanya sebagian kecil dari jenis cicak yang ovovivipar, ini berarti mereka bertelur dan menetas didalam tubuh induk cicak, dan melahirkan anaknya. Biasanya cicak tersebut melahirkan dua anak dalam setahun.

Perkembangbiakan cicak tanpa jantan

Pada kondisi dan jenis cicak tertentu, mereka dapat menghasilkan telur tanpa melakukan pembuahan dengan cicak jantan. Ini berarti bahwa cicak betina tersebut melakukan cloning diringa dalam telur tersebut sehingga cicak hasilnya sangat mirip dengan induknya. Dengan begitu kemungkinan punah dari cicak tersebut akan menjadi berkurang.