Cara Berkembang Biak Suplir

Suplir adalah salah satu tumbuhan paku yang sering dikembangbiakkan untuk dijadikan hiasan di ruang tamu. Karena suplir adalah termasuk tumbuhan paku atau Pteridophyta, ia juga berkembang biak dengan cara kebanyakan tumbuhan paku lainnya yaitu dengan spora. Spora yang dihasilkan oleh suplir akan jatuh ke tanah dan  menjadi individu  atau tumbuhan suplir yang baru. Meskipun demikian, tumbuhan ini juga dapat membentuk tunas baru melalui rizhoma.
Cara Berkembang Biak Suplir Perbedaan tumbuhan suplir dengan jenis paku lainnya adalah dari bentuk daunnya, jika tumbuhan paku yang lain cenderung memiliki bentuk daun yang memanjang. Berbeda dengan tumbuhan ini yang memiliki bentuk daun yang cenderung lebih bulat.

Spora pada tumbuhan ini terlindungi oleh sporangium dan dilindungi oleh indusium. Kumpulan sorus tumbuhan suplir berada di sisi bawah daun pada bagian tepi yang terlindung oleh lipatan daun. Agar dapat tumbuh dengan baik, tumbuhan ini memerlukan tanah yang gembur dan kaya akan bahan organic agar spora tadi dapat tumbuh dengan baik dan menjadi tumbuhan baru.

Mungkin kita pernah mengkonsumsi tumbuhan paku, namun pohon suplir tidak dapat dikonsumsi. Ia hanya dijadikan tanaman hias dan di pajang sebagai hiasan, tumbuhan ini juga tidak begitu tahan jika terkena panas matahari secara langsung. Jika terkena panas secara langsung maka daunnya akan mejadi kering dan lama kelamaan tumbuhan ini akan mati dengan sendirinya. Oleh karena itu sebaikknya menaruh tumbuhan ini di dalam ruangan dengan pot, namun kita harus tetap memperhatikan asupan nutrisi dan asupan air. Jika kekurangan air juga akan menyebabkan tumbuhan ini mati kekeringan.

Selain dengan spora, tunas juga dapat tumbuh melalui rhizoma. Namun tetap saja spora adalah perkembangbiakan utama dari tumbuhan ini. Banyak penjual tanaman hias yang mengembangbiakkan tanaman ini karena dapat dijual sebagai tanaman hias.
Demikianlah artikel tentang cara berkembang biak suplir, jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan melalui kolom komentar dibawah. Atau dapat juga menghubungi kami langsung melalui halaman coutact us. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.