Cara Setting Parabola Tanpa TV


Bagi yang memasang parabola dirumahnya seringkali bingung ketika chanel TV tiba-tiba hilang atau gambar tidak jelas karena signal yang lemah. Seringkali orang langsung mengontak seseorang yang biasa pasang parobola untuk setting ulang. Sebenarnya ketika problem di atas muncul, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari terlebih dahulu penyebabnya.

Dari situlah kita tahu permasalahannya, bahkan kadang adapula yang mencoba setting sendiri dengan memutar parabola seperti layaknya memutar antena UHF dengan sambil melihat gambar di TV, padahal parabola dan antena UHF jelas beda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips atau cara setting parabola secara sederhana dengan mudah, tanpa menggunakan TV, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Langkah pertama ketika tiba-tiba chanel parabola hilang atau gambar tidak jelas, kita harus terlebih dahulu mengecek instalasi kabel dari parabola ke TV. Pengalaman saya, terkadang kabel yang berada di ruang atap rumah tersebut seringkali putus karena gigitan binatang. Kalau memang semua tidak ada masalah dengan kabel, maka selanjutnya kita setting sendiri.

Kita harus persiapkan beberapa kunci pas untuk membuka sejumlah baud pada perangkat parabola agar muda merubahnya, selain itu kita persiapkan aliran listrik di atap rumah atau dimana parobola tersebut di pasang. Tujuannya untuk mengaliri listrik ke mesin parabola atau receiver. Namun sebelum itu kita harus mencatat dulu sekitar 10 chanel favorit kita, di ambil dari LNB yang terpasang dari parabola.

Kalau parabola kita ada 2 LNB maka kita tulis masing-masing  sekitar 5 nama chanel dan nomor stasiun TV dari 2 LNB tersebut, begitu pula apabila kita mempunyai parabola 4 LNB. Setelah kita berada di tempat parabola dipasang, kita putus kabel parabola yang menuju ke TV, dari situ hubungkan dengan receiver atau mesin parabola yang sudah tersambung dengan aliran listrik.

Setelah itu nyalakan mesin parabola, sebelum itu perhatikan remot receiver dan tekan tombol nomor dan selanjutnya tekan tombol info, maka di layar receiver tersebut akan muncul signal parabola tersebut yang terus beruubah-ubah naik turun. Kita geser secara pelan-pelan perangkat parabolanya, biasanya kalau signal diatas 34 itu sudah cukup bagus untuk tayangan tv.

Lalu cek kembali urutan nomor dan pastikan terlebih dahulu kalau semua chanel sudah mencukupi signalnya dan biasanya lampu receiver berwarna hijau. Caranya tekan nomor, setelah itu tekan info cek satu-satu, sesuai dengan yang telah kita catat, yaitu nama stasiun tv dan nomornya. Kalau signal sudah seimbang dan penuh semua, selanjutnya kita kunci kembali parabola pada posisi tersebut dan sambungkan kembali kabel yang telah kita putus tadi, dan hubungkan kembali seperti semula. Chanel TV kita kembali seperti semula, selamat mencoba.