Mengukur Kecerdasan Emosional Menggunakan Aplikasi

Sebuah perusahaan teknologi di Universitat Jaume I telah mengembangkan sebuah aplikasi perangkat mobile yang memungkinkan untuk dapat mengevaluasi kemampuan seseorang dalam “memahami dan mengendalikan emosi”, aplikasi ini mudah digunakan dan gratis. Aplikasi yang berguna ini bernama Emotional Apps. Mengukur kecerdasan emosional mungkin akan cukup sulit bahkan bagi manusia, sehingga software ini dikembangkan.

Aplikasi baru yang dikembangkan untuk mengukur kecerdasan emosional
Lebih dari 6.000 orang dari seratus negara sudah mendownload MEIT (Mobile Emotional Intelligence Test) dimana software ini menawarkan kemampuan penting dalam melakukan test kecerdasan emosional.

Keuntungannya dari penggunaan software ini sendiri adalah seperti kemudahan dalam menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari sebuah perusahaan atau organisasi, dan menawarkan fakta bahwa itu dapat digunakan pada teknologi yang memungkinkan untuk mengukur waktu jawaban dari setiap pertanyaan atau untuk melihat bagaimana suasana hati seseorang dari mood netral menuju mood spesifik tertentu.

Inovasi utama yang ditawarkan MEIT adalah test ini tidak hanya berupa kuesioner: terdiri dari tes keterampilan untuk mengevaluasi tiga aspek: kemampuan untuk merasakan emosi, pemahaman emosi dan kemampuan untuk mengelolanya. Edgar Bresó, dosen Psikologi Sosial di UJI dan salah satu pencipta aplikasi test emosional ini menjelaskan bahwa bagian pertama dari test sudah berjalan. Hal ini memungkinkan kita untuk memperoleh banyak informasi dimana informasi ini berguna untuk menjelaskan peta emosi dunia dan dapat mengumpulkan data rata-rata di masing-masing negara. Rumania, Denmark, Afrika Selatan dan Vietnam adalah negara-negara dengan skor terbaik pada saat ini, namun angka tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.

Bresó menyoroti keuntungan menggunakan tes online ini: "Sangat penting untuk mengontrol dan mengetahui waktu dalam setiap pertanyaan, misalnya dalam test di atas kertas Anda hanya dapat mengetahui waktu dari jawaban global semua kuesioner, tapi bukan dari setiap soal”. Tes kecerdasan emosional secara teratur digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan organisasi untuk mempekerjakan staf, untuk meluncurkan produk dan sebagainya. Dosen Psikologi Sosial di UJI menyoroti kemungkinan adaptasi dengan kebutuhan berbeda dari setiap klien, tergantung pada informasi yang diinginkan klien untuk di kompilasi dan di evaluasi.

PicFeel, fotografi untuk berbagi emosi

PicFeel adalah proyek kedua dari perusahaan ini. Ini adalah jaringan sosial yang akan memungkinkan anda untuk berbagi emosi dan geolocatizate mereka melalui gambar. "Idenya adalah bahwa pengguna dapat meng-upload gambar dan dengan tag emosi yang ada di dalam foto tersebut, seperti kejutan, kesedihan, iri hati dan sebagainya. Ini akan seperti Instagram, tetapi dengan emosi," jelas Bresó. Gambar-gambar yang diupload dan ditandai akan menghasilkan peta emosi dunia yang akan berguna. "Proyek ini juga memiliki aplikasi untuk studi di masa depan, misalnya, di bidang pemasaran untuk melihat dengan gambar dan warna yang terhubung dengan emosi tertentu".

Proyek terakhir dari perusahaan Emosional Apps adalah aplikasi untuk mendidik anak-anak dalam kecerdasan emosional melalui sebuah permainan. "Tujuannya adalah agar anak-anak belajar untuk menandai dan mengelola emosi mereka melalui permainan interaktif." Teknologi dan kecerdasan emosional yang hadir dalam produk yang dikembangkan oleh perusahaan, dalam hal ini dengan membuat anak-anak belajar bermain dengan emosi.

Mungkin ini terdengar tidak masuk akal untuk anda, bahwa sebuah aplikasi dapat mengukur kecerdasan emosional seseorang, tapi ini sudah terbukti. Selamat mengetes emosional anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel