Robot Yang Dapat Belajar Memasak Sendiri

Banyak dari kita ingin memiliki robot yang dapat memasak, bahkan jika anda adalah seorang yang bekerja pada bidang militer karna kesibukannya sehingga tidak sempat untuk memasak. Seperti halnya militer AS ini, mungkin mereka tidak mengetahui cara memasak tapi ia mengembangkan sebuah robot baru yang dapat belajar bagaimana memasak dengan menonton video dari YouTube.

Chef Bot, robot yang belajar memasak dari youtube

Menggunakan program yang cerdas, robot ini mampu mengenali bagaimana peralatan dapur yang digunakan dalam video, dan akurat dapat meniru tindakan tersebut tanpa campur tangan manusia, itulah hasil dari penelitian yang didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Tida ada kejelasan mengapa Angkatan Darat berminat pada robot yang bisa memasak, tapi mengetahui cara memasakadalah hal yang diperlukan oleh robot masa depan, kata para peneliti di University of Maryland, College Park.
Robot yang ada sudah cukup baik dalam mengenali objek atau pola, tapi jauh lebih sulit untuk menafsirkan informasi visual dan melakukan tindakan berdasarkan itu, kata para pejabat DARPA.

“Langkah berikutnya yaitu mengembangkan sebuah robot yang memproses informasi visual dan menerjemahkannya ke dalam tindakan”, Reza Ghanadan, seorang manajer di ilmu pertahanan Kantor DARPA.

Tim melatih robot dengan menggunakan database video memasak dari YouTube dari sudut pandang orang ketiga. Pada satu tingkat, robot "otak" ini didukung oleh dua algoritma pembelajaran, atau jaringan saraf: satu sistem untuk mengenali objek, dan satu untuk mengklasifikasikan jenis grip yang digunakan untuk menangani objek. Pada tingkat yang lebih tinggi, software robot memungkinkan untuk menggunakan pengetahuan untuk meniru tindakan dalam video.

Robot ini mampu mengajarkan dirinya untuk mengikuti video memasak dengan tingkat akurasi yang tinggi, menurut DARPA.

Selain itu, robot ini juga bisa mengingat beberapa dari apa yang dipelajari (misalnya, yang jenis grip digunakan dengan objek tertentu ) dan berpotensi dapat berbagi pengetahuan dengan robot lain, kata Ghanadan. "Pendekatan pembelajaran berbasis ini merupakan langkah yang signifikan menuju pengembangan teknologi yang bisa memiliki manfaat di berbagai bidang seperti perbaikan militer dan logistik," tambahnya.

Penelitian ini dipresentasikan 29 Januari pada pertemuan ke-29 Asosiasi untuk Kemajuan kecerdasan buatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel