Sistem Pelindung Drone dari Serangan Hacker

Pernah berfikir bagaimana jika anda memiliki benda mahal yang akan kita bahas ini? Ya, pesawat tanpa awak atau Drone yang dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Namun berbahaya bila ada yang dengan sengaja meretas keamanan dari pesawat anda dan mengambil data-data pada pesawat tanpa awak anda.

MSI Secure Sentinel System
Pesawat tanpa awak militer sering digunakan untuk menyimpan data sensitif, mulai dari pergerakan pasukan dan operasi strategis. Meskipun hal ini mungkin membuat mereka rentan terhadap gangguan musuh, sistem baru yang di ciptakan ini bertujuan untuk melindungi  kendaraan tanpa awak ini dari serangan cyber.

Para peneliti di University of Virginia dan Georgia Institute of Technology mengembangkan system tersebut dan tengah mengujinya, dalam skenario penerbangan dengan serangan cyber. Militer dan penggunaan drone komersial terus tumbuh, perlundungan  terhadap serangan tersebut akan menjadi prioritas, kata para ilmuwan.

Ketika diinstal pada drone, Secure sistem Sentinel System-Aware mendeteksi "perilaku tidak logis" pada kendaraan, kata pemimpin proyek Barry Horowitz, sistem dan informasi insinyur di University of Virginia di Charlottesville.

"Deteksi dapat berfungsi untuk melakukan tindakan pemulihan otomatis dan untuk mengingatkan operator tentang adanya serangan," kata Horowitz dalam sebuah pernyataannya.

Dalam demonstrasi itu, para peneliti memberikan simulasi berbagai macam bentuk ancaman, termasuk serangan cyber yang diluncurkan musuh di lapangan, serangan dari dalam dan gangguan rantai pasokan militer. "Serangan" berlangsung selama lima hari, dan fokus pada gangguan dalam empat bidang yang berbeda: Data GPS, data lokasi, informasi tentang citra, dan kontrol muatan.

Dalam masing-masing skenario, sistem cybersecurity mampu dengan cepat mendeteksi serangan cyber, memberitahu tim dan memperbaiki kinerja sistem, kata para peneliti.

Pusat penelitian yang mengembangkan teknologi ini disponsori oleh Departemen Pertahanan AS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel