Inti Dari Inti Bumi, Kejutan Terbaru Dari Bumi

Selama bertahun-tahun gelombang seismik telah membantu para ilmuwan untuk mengungkap misteri bagian terdalam dari bumi, yaitu inti planet bumi kita. Berkat teknologi  dan aplikasi terbaru pada bidang pembacaan gempa, sebuah tim peneliti di University of Illinois dan rekan-rekannya dari Nanjing University di China menemukan bahwa pada inti bumi terdapat inti tersendiri dan memiliki sifat mengejutkan yang bisa mengungkapkan informasi tentang planet kita.

inti dari inti bumi

Dipimpin oleh Xiaodong Song, seorang profesor geologi di U. of I., tim menerbitkan karyanya dalam jurnal Nature Geoscience pada tanggal 9 Februari.

"Meskipun inti ini kecil (lebih kecil dari bulan) namun ia memiliki beberapa kegunaan yang sangat menarik," kata Song. "Ia mungkin dapat memberitahu kita tentang bagaimana planet kita terbentuk, sejarah, dan proses dinamis lainnya dari Bumi. Ini membentuk pemahaman kita tentang apa yang terjadi jauh di dalam bumi."

Peneliti menggunakan gelombang seismik dari gempa bumi untuk memindai bawah permukaan planet, seperti dokter menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk melihat ke dalam tubuh pasien. Tim menggunakan teknologi yang mengumpulkan data tidak dari kejutan awal gempa bumi, tapi dari gelombang yang beresonansi setelah gempa tersebut. Gempa bumi tersebut seperti palu memukul besi, pendengar mendengar dengan jelas nada yang beresonansi setelah pemukulan tersebut, sensor seismik mengumpulkan sinyal koheren dari gempa.

"Ternyata sinyal koheren yang ditingkatkan dengan teknologi lebih jelas daripada cincin itu sendiri," kata Song. "Ide dasar dari metodeini sebenarnya telah menyebar luas, dan orang-orang telah menggunakannya dalam studi pada dekat permukaan. Tapi kami sedang mencari semua jalan untuk menuju pusat bumi."

Inti bagian dalam bumi, pernah dianggap berisi bola besi yang solid,dan memiliki beberapa sifat struktural yang kompleks. Tim menemukan inti bumi yang berbeda, sekitar setengah dari diameter inti itu sendiri. Kristal-kristal besi di lapisan luar inti berbentuk selaras dan terarah, utara-selatan. Namun, dalam intinya, kristal besi menunjukkan timur-barat.

Tidak hanya kristal besi di inti bagian dalam saja yang berbeda dari inti bagian luar, mereka juga berperilaku berbeda. Ini berarti bahwa inti bagian dalam dapat terbuat dari berbagai jenis kristal, atau memiliki fase yang berbeda.

"Fakta bahwa dua wilayah ini jelas berbeda dapat memberitahu kita sesuatu tentang bagaimana inti telah berkembang," kata Song.

Sumber Referensi :
  • Xiaodong Song et al. Equatorial anisotropy in the inner part of Earth’s inner core from autocorrelation of earthquake codaNature Geoscience, Feb 9, 2015

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel