Memprogram Ulang Sel-sel Tumor Agar Dapat Menyerang Dirinya Sendiri

Bertahun-tahun lamanya manusia amat sangat takut terhadap penyakit kanker, karna kemampuan membunuhnya yang tinggi. Peneliti banyak yang mencoba berbagai cara untuk menyembuhkannya, baru-baru ini terdapat penelitian yang memungkinkan untuk mematikan sel-sel kangker tersebut.

sel kanker ganas Peneliti memprogram ulang sel-sel tumor agar dapat menyerang dirinya sendiri

Para peneliti mencoba memasukkan strain dari bakteri tertentu ke dalam bagian kecil kanker ovarium yang agresif mengubah perilaku sel tumor dari sifatnya yang ganas menjadi imunostimulasi, ini adalah hasil temuan para peneliti di Norris Cotton Cancer Center dan Geisel School of Medicine di Dartmouth. Temuan yang dipublikasikan di OncoImmunology, menunjukkan pendekatan baru dalam imunoterapi yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis kanker.

"Dengan memperkenalkan bentuk bakteri Listeria monocytogenes (Lm) yang dilemahkan dan aman, bekerja sama dengan Aduro Biotech Inc, kami menemukan bahwa bakteri dilemahkan ini dapat mengubah mereka dari sel-sel yang melindungi tumor menjadi sel-sel yang menyerang tumor, "kata Steve Fiering, PhD, penulis utama studi tersebut.

Tumor melindungi diri dari serangan oleh sistem kekebalan tubuh dengan menghasilkan sebuah lingkungan mikro imunosupresif. Hasil penelitian menemukan bahwa Lm memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan jumlah sitokin pro-inflamasi dan kemokin, dan merekrut subset sel efektor kekebalan tubuh, yang sangat mendukung kekebalan anti-tumor. Memodifikasi lingkungan mikro tumor imunosupresif tetap merupakan pendekatan yang dapat dikombinasikan dengan pengobatan berbasis kekebalan lain untuk mengobati kanker lain selain kanker ovarium.

"Modulasi lingkungan mikro tumor untuk membuat fagosit imunosupresif ke dalam sel yang mendukung respon imun anti-tumor telah berakar dalam percobaan yang dilakukan seratus tahun yang lalu oleh Dr William Coley," kata Fiering.

"Sekarang kita bisa membuat mereka aman untuk digunakan dan juga dapat melacak respon imun anti-tumor dengan sangat rinci, berpotensi untuk digunakan dalam pengobatan kanker yang baru."
Strain dilemahkan dari Lm, yang dikembangkan oleh Aduro Biotech Inc, sudah di uji klinis untuk pengobatan kanker pankreas. "Studi kami memberikan pemahaman lebih lanjut dari mekanisme yang terlibat dan bagaimana pendekatan ini dapat digunakan dalam pengobatan kanker, dan akan mendukung uji klinis masa depan untuk pengobatan kanker ovarium," kata Fiering.

Referensi:
  • Patrick H Lizotte, Jason R Baird, Cynthia A Stevens, Peter Lauer, William R Green, Dirk G Brockstedt, Steven N Fiering. AttenuatedListeria monocytogenesreprograms M2-polarized tumor-associated macrophages in ovarian cancer leading to iNOS-mediated tumor cell lysisOncoImmunology, 2014; 3 (5): e28926 DOI: 10.4161/onci.28926

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel