Rancangan Teleskop Berbentuk Lensa Kontak

Anda pasti sudah tau apa itu teleskop, yaitu alat yang di gunakan untuk melihat jarak yang jauh agar terlihat jelas. Sudah tentu ukuran teleskop harus besar, dan mungkin anda memiliki teleskop sendiri di rumah anda. Namun bagaimana menurut anda jika melihat yang satu ini.

Teleskop Berbentuk Lensa Kontak

Kedipkan mata kanan anda untuk memperbesar, mengedipkan mata kiri untuk memperkecil. Itu adalah petunjuk operasional pada sistem baru yang diciptakan dan kemungkinan dapat menjadi solusi bagi beberapa jenis batasan yang ada pada mata manusia atau cara mengupgrade kemampuan melihat seorang manusia.

Sebuah prototipe baru yang disajikan pada pertemuan tahunan AAAS, prototype ini bergantung pada lensa kontak yang berisi teleskop aluminium kecil yang dapat berinteraksi dengan sepasang kacamata untuk beralih antara pengelihatan normal sampai dengan 3x pembesaran.

Teleskop ini pertama kali dikembangkan dengan dana Defense Advanced Research Projects Agency sebagai kamera super tipis untuk pesawat tanpa awak. Tapi mereka membayangkan jika ini dapat digunakan sebagai bantuan bagi orang-orang dengan usia lanjut yang memiliki gangguan hilangnya reseptor cahaya pada permukaan bagian dalam dari mata dan mengaburkan pusat visual mereka. (Pandangan zoom-in memungkinkan bagian retina masih bekerja untuk lebih mengenali rincian wajah manusia).

Insinyur optik Eric Tremblay dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne mengatakan aksesori baru dapat membuat lensa kontak lebih menarik untuk sebagian orang: tampilannya mengendalikan kacamata yang menerima sinyal dari reflektor. Bila pengguna merangsang salah satu reflektor dengan mengedipkan mata, kacamata mengubah polarisasi mereka. Dua jenis cahaya terpolarisasi mengambil dua jalan yang berbeda pada lensa kontak, mengaktifkan pengelihatan normal atau diperbesar. Rintangan utama berikutnya untuk pengembang: membuat lensa yang dapat digunakan dalam jangka panjang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel