Data Catatan Panggilan Dapat Memprediksi Wabah Virus Nyamuk Dengue

Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di Harvard menemukan bahwa data catatan panggilan dapat digunakan untuk memprediksi penyebaran geografis dan waktu epidemi dari dengue. Lebih banyak orang di seluruh dunia menjadi rentan terhadap virus mematikan ini sebagai akibat dari perubahan iklim, perubahan iklim tersebut  memperluas jangkauan nyamuk yang mentransmisikan dengue.
Nyamuk Dengue Selain karna nyamuk tersebut, wisatawan yang terinfeksi juga menyebarkan penyakit tersebut secara internasional. Dengan memanfaatkan kumpulan data terbesar dari catatan panggilan yang pernah dianalisis untuk memperkirakan mobilitas manusia, para peneliti mengembangkan model inovatif yang dapat memprediksi epidemi dan memberikan peringatan dini yang penting untuk mengingatkan penduduk daerah tersebut.

Studi ini muncul secara online mulai September 7, 2015 di PNAS.

Dengue adalah penyakit yang dibawa nyamuk dengan penyebaran paling cepat di seluruh dunia. Infeksi dapat menyebabkan demam mendadak tinggi, perdarahan, dan syok, dan menyebabkan kematian yang signifikan.

Para peneliti menganalisis data dari wabah DBD besar di Pakistan pada tahun 2013 dan membandingkannya dengan model transmisi yang mereka kembangkan berdasarkan informasi dan mobilitas data iklim yang diperoleh dari catatan panggilan. Data dari hampir 40 juta pelanggan ponsel diproses melalui kegiatan kerjasama dengan Telenor Penelitian dan Telenor Pakistan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola mobilitas di dalam negeri dapat diungkapkan oleh catatan panggilan, ini juga dapat digunakan secara akurat untuk memprediksi penyebaran geografis dan waktu wabah di lokasi munculnya bintik-bintik masalah.

Buckee, asisten profesor epidemiologi dan penulis senior studi tersebut mengungkapkan  "Karena data ponsel terus dikumpulkan, mereka dapat digunakan untuk membantu program rencana pengendalian nasional secara tepat waktu."

Kami mendapat sumber dari medicalxpress news dan jurnal terkait untuk menulis halaman ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel