Membuat Berlian Melayang Dengan Laser

Para peneliti untuk pertama kalinya telah mampu mengankat sebutir nanodiamonds berlian berukuran nano ) di dalam ruang hampa. Tim peneliti ini dipimpin oleh Nick Vamivakas dari University of Rochester, mereka mengatakan pekerjaan mereka mungkin akan membuat instrumen yang sangat sensitif untuk mendeteksi sentuhan yang sangat kecil.

berlian melayang Sementara peneliti lain sibuk dengan jenis lain dari nanopartikel dalam ruang hampa yaitu bidang optik, mereka tidak ikut aktif di bidang tersebut. Nanodiamonds dapat mengandung  nitrogen-vacancy (NV) yang memancarkan cahaya dan juga memiliki bilangan kuantum spin satu. Dalam makalah yang diterbitkan di Nature Photonics, para peneliti dari Rochester Institute of Optics menjelaskan hal ini adalah langkah pertama untuk menciptakan "sistem kuantum hybrid." Sistem yang menggabungkan gerakan mekanis dari nanodiamond dan sifat optik untuk membuatnya sangat menjanjikan untuk sejumlah aplikasi.
Dalam sebuah makalah sebelumnya, para peneliti telah menunjukkan bahwa nanodiamonds bisa diangkat di udara menggunakan perangkap laser dan sekarang hal ini dapat dilakukan dalam ruang hampa.

Saat menjebak berlian di dalam ruang hampa mereka menghilangkan semua efek molekul udara tersebut. "Hal ini memungkinkan kita untuk melakukan kontrol mekanik " kata Levi Neukirch, penulis utama dan siswa Ph.D. dalam kelompok Vamivakas di Rochester’. "Mereka berubah menjadi osilator harmonic kecil."

"Kami dapat mengukur posisi 3D  berlian dan kami membuat sinyal umpan balik berdasarkan posisi dan kecepatan nanodiamond," kata Neukirch. Ini memungkinkan kita untuk secara aktif mengendalikan gerakannya.

Menjebak dalam hal ini dapat diilustrasikan dengan membayangkan berlian berada di bagian bawah. Jika berlian bergerak menjauh dari dasar dan bergerak naik maka pada akhirnya akan turun kembali ke bawah. Akhirnya berlian hanya akan berosilasi pada jarak yang sangat kecil. Neukirch mengatakan tujuan jangka panjang mereka adalah untuk meredam gerak berlian sampai itu dalam keadaan dasar dari sistem, yang akan membuat sistem berperilaku sebagai osilator mekanik kuantum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel