Menambang Germanium Dengan Tumbuhan

Germanium adalah salah satu unsur semi logam yang pertama kali ditemukan di tempat yang sesuia dengan namanya itu yaitu jerman, logam ini sangat reaktif dalam bentuk bebasnya di alam. Germanium murni adalah bahan semikunduktor. Germanium berwarna  abu-abu dan memiliki sifat yang membuatnya menjadi bahan penting untuk digunakan dalam perangkat semikonduktor, seperti komputer dan smartphone.  Selain itu, logam ini juga akan transparan ketika dikenai cahaya inframerah, digunakan dalam system parkir dan kemudi otomatis.
logam germanium Logam ini termasuk sulit untuk didapatkan, sebagian besar sekarang ditambang di Cina dan diekspor ke seluruh dunia. Namun, sebuah tim peneliti di Jerman Freiburg university telah menemukan cara baru untuk mendapatkan germanium, menurut laporannya mereka menambang germanium dari tunas dan akar tanaman.

Sekarang keadaannya mungkin akan berubah, sebagian peneliti di Jerman tampaknya telah mengembangkan cara untuk menambang bahan ini dari tanah dekat kampus mereka.
Menurut meraka, daerah mereka dipenuhi limbah hasil tambang bijih yang telah di tinggalkan dan ini yang menjatuhkan air kaya germanium.

Mereka menjelaskan, saluran air yang melalui dan ke dalam tanah di mana tanaman seperti buluh rumput kenari, jagung dan bunga matahari menariknya keluar melalui sistem akar mereka. Setelah itu para peneliti menggunakan bakteri untuk memfermentasinya, ini memungkinkan untuk mengumpulkan germanium dengan mudah. Terlebih lagi mereka mencatat bahwa proses ini juga sangat efisien karena tanaman yang mereka gunakan  juga digunakan untuk membuat biogas (mengumpulkan germanium hanyalah sebuah produk sampingan dari tumbuh ini).

Namun ada satu hal yang serius disini, tanaman individu tidak mengumpulkan banyak germanium, yang berarti bahwa mereka tidak akan mendapatkan banyak germanium untuk sekali pengekstrakan. Jadi hal yang harus dilakukan adalah menggunakan cara ini dalam jumlah skala industri. Para peneliti percaya bahwa ini kan berubah nantinya, dan bersumpah untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

Mereka memprediksi bahwa suatu hari nanti mereka akan dapat meningkatkan proses yang nantinya dapat menghasilkan germanium dengan cara yang efektif. Dengan demikian, itu bisa berarti elektronik akan menjadi murah bagi konsumen dan mungkin perangkat baru yang dibuat nantinya akan mendapatkan bahan baku yang mudah tersedia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel