Pengaruh Anestesi Lokal Terhadap Perkembangan Gigi Anak-anak

Sebuah studi baru yang dilakukan mengenai pengaruh anestesi lokal pada perkembangan gigi anak-anak yang dipimpin oleh Dr Bing Hu dari Plymouth University Peninsula Schools of Medicine and Dentistry dengan melibatkan peneliti lain dari Cina dan Swiss. Penelitian ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa penggunaan anestesi lokal dapat mempengaruhi pertumbuhan sel gigi dan perkembangan gigi anak-anak.
pengaruh anestesi pada gigi
Studi ini diterbitkan hari ini, Senin 7 September 2015 di Sel Death Discovery, sebuah jurnal penelitian medis baru.

Menggunakan gigi babi dan sel pulpa gigi tetap manusia usia remaja, penelitian telah mengidentifikasi bahwa anestesi lokal yang biasa digunakan di klinik dapat mempengaruhi proliferasi sel gigi. Ini bikti pertama yang telah ditemukan untuk menunjukkan bahwa anestesi lokal dapat mempengaruhi pertumbuhan sel gigi dan berpotensi berdampak pada perkembangan gigi.
Menurut tim peneliti, perawatan gigi lebih sering menggunakan anestesi lokal daripada perawatan klinis lainnya. Meskipun terdapat dosis maksimum berbagai anestesi local yang boleh digunakan, namun efek sampingnya pada jaringan gigi sampai sekarang belum diselidiki sepenuhnya.

Studi ini menemukan bahwa durasi yang lebih lama dari terkena konsentrasi tinggi anestesi lokal adalah yang paling berbahaya karena mengganggu fungsi mitokondria, yang berfungsi sebagai 'baterai' sel, dan menginduksi mekanisme kematian sel yang bernama "autophagy". Tim peneliti meneliti jenis anestesi lokal yang sering digunakan saat ini pada kebanyakan klinik gigi di Inggris, Swiss dan China.

Sementara penelitian telah mengidentifikasi potensi efek berbahaya dari anestesi lokal pada perkembangan  gigi, tim peneliti tertarik untuk melakukan studi klinis lebih lanjut agar mencukupi data untuk mengubah pedoman klinis, dan agar orang tua tidak harus khawatir atau menarik anak-anak mereka dari pengobatan jika mereka membutuhkannya.
Penelitian ini dipimpin oleh Dr Bing Hu, dari Universitas Plymouth Peninsula Sekolah Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Dia mengatakan: "Penelitian kami telah menunjukkan bukti bahwa anestesi lokal dapat mempengaruhi perkembangan gigi anak-anak di tingkat seluler dan molekuler. Kami mengakui bahwa kita perlu melakukan studi klinis lebih lanjut. "

Dia menambahkan: "Temuan kami menekankan perlunya orang tua untuk membantu anak-anak mereka untuk menghindari kebutuhan untuk operasi gigi, seperti pencabutan gigi, di urutan pertama dengan memperhatikan diet dan kebersihan mulut yang baik dan kunjungan rutin ke dokter gigi."
Sebuah aplikasi paten GB telah diajukan oleh Plymouth University untuk teknologi yang digunakan sebagai bagian dari studi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel