Simulasi Dampak Anestesi Pada Komputer

Sekelompok orang dari tim peneliti yang bekerja di University of Pittsburgh telah menciptakan model komputer yang mensimulasikan proses yang terjadi ketika anestesi menyebabkan otak manusia berhenti. Dalam tulisan mereka yang diterbitkan di Physical Review Letters, tim ini menggambarkan bagaimana mereka membangun model komputer mereka dimana aspek kesadaran itu digambarkan dan cara-cara tersebut meniru anatomi manusia.
simulasi dampak anestesi Meskipun anestesi merupakan kemajuan besar dalam pengembangan obat yang dipakai untuk membius orang selama operasi, para ilmuwan masih tidak tahu bagaimana atau mengapa ia bekerja. Mungkin ini akan membuat beberapa terobosan ke arah dimana kita mampu memahami sifat kesadaran itu sendiri. Dalam upaya baru ini, tim di Pittsburgh menciptakan model komputer berbingkai node yang dimaksudkan untuk meniru neuron atau seluruh bagian otak dan sinyal yang dikirim diantara mereka. Model ini didasarkan pada ide yang menunjukkan perubahan mendadak dalam kesadaran yang dihasilkan oleh penggunaan obat bius.

Untuk meniru situasi seperti itu, para peneliti membangun jaringan node dengan gelombang sinyal antara gamma dan beta yang dapat direkam selama manusia normal tersebut sedang tersadar, gelombang alfa yang terjadi selama masa relaksasi dan gelombang delta yang merupakan ciri khas dari tidur nyenyak.

Dengan cara ini para peneliti mampu menemukan titik kritis, di mana saat jaringan mulai berhenti dapat mengirimkan sinyal untuk meniru kehilangan kesadaran. Tapi apa yang benar-benar menarik adalah bahwa sinyal yang terjadi menirukan jenis gelombang otak yang direkam pada mesin EEG saat seseorang menjadi tidak sadar secara alami.

Para peneliti tidak yakin bahwa model mereka benar-benar menjelaskan apa yang terjadi ketika obat bius memasuki otak, tapi malah menawarkan kemungkinan dasar yang untuk memulai cara untuk mempelajari apa yang tidak terjadi, mungkin mengarah ke pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kesadaran benar-benar bekerja di otak.

demikian sumber berita ini kami dapat dari situs phys news, informasi lebih lengkapnya anda bisa dapatkan pada "Percolation Model of Sensory Transmission and Loss of Consciousness Under General Anesthesia, Phys. Rev. Lett. 115, 108103 – Published 4 September 2015".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel