Vacuum Cleaner Kabut Asap Untuk Kota

Asap tebal di sebuah kota kadang sangat mengganggu, apalagi maasyarakat kota yang mayoritas pekerja keras. Pasti kegiatan mereka akan terhambat karna tebalnya asap tersebut. Tapi pernahkah terbayang di benak anda bahwa suatu hari kita akan membuat penyedot asap besar ini ? Ya pastinya vacuum cleaner berukuran sangat besar. Namun sekarang di Rotterdam telah di rancang alat seperti itu. Pembersih udara ini merupakan bagian dari Proyek bebas asap gratis, dan tim proyek hanya mendefinisikan buatan mereka sebagai vacuum cleaner kabut asap terbesar di dunia.


Menurut salah seorang disainernya, Wang menyatakan kita dapat melihat menara setinggi tujuh meter namun beratnya ringan, sistem Pembersih 30.000 meter kubik udara per jam dan menciptakan gelembung bebas asap di ruang terbuka. Menara ini membersihkan udara dengan menghisap asap dari bagian atas dan udara disaring lalu dilepaskan melalui ventilasi bersisi enam.

Vacuum cleaner terbesar di dunia ini membutuhkan daya listrik sebesar 1.400 watt, daya sebesar itu tidak lebih dari daya boiler air. Enabler adalah teknologi ionisasi energi rendah yang telah dipatenkan.

Orang di belakang mesin ini adalah Daan Roosegaarde. Pada Peluncuran terbaru di Rotterdam, menara yang dibuat adalah sistem modular 7,0 × 3,5 m di taman umum. Peluncuran adalah percontohan pertama.

Menara bebas asap setinggi 7 meter pertama yang ramah lingkungan dan teknologinya telah dipatenkan sekarang terbuka untuk umum di Vierhavensstraat 52 di Rotterdam NL.  The Menara bebas asap ini menggunakan teknologi yang sama seperti pembersih udara dalam ruangan. “Teknologi ini digunakan di dalam ruangan di rumah sakit, sehingga aman dan kami hanya menguji dan membangun satu yang terbesar untuk penggunaan outdoor," kata Roosegaarde.

Setelah semua debu dihisap lalu apa yang terjadi dengan semua debu tersebut?. Partikel karbon yang dikumpulkan dalam debu asap akan dikompresi menjadi perhiasan. Roosegaarde mengatakan, "kita membuat perhiasan dari residu asap yang dikumpulkan. Asap terdiri dari karbon dan dikompresi menjadi perhiasan seperti cincin bebas asap. Setiap bagian dari perhiasan telah berkontribusi untuk memurnikan 1000 kubik meter udara tercemar ".


Sementara menurut beberapa orang  " vacuum cleaner penghisap kabut asap" memunculkan image merusak pemandangan lingkungan, namun menara ini jelas menunjukkan tidak merusak pemandangan. LED membuat menara bercahaya di malam hari.
"Di Belanda kita hidup sembilan bulan lebih pendek karena kabut asap.," Kata pengumuman pers dari Studio Roosegaarde.

Visi proyek ini adalah untuk mendanai pilot pertama dari Menara di Rotterdam, Belanda. Menara ini nantinya akan melakukan perjalanan ke seluruh dunia, dari kota ke kota dari Beijing ke Paris Dari Los Angeles ke Meksiko City. menara ini memungkinkan warga untuk menghirup udara bersih. Tower bebas asap adalah langkah pertama dalam bekerja sama untuk menciptakan kota bebas kabut asap secara permanen. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel