15 Langkah Tepat Optimalisasi SEO Tanpa Resiko

Bagi anda para blogger sejati pasti tahu dimana letak pengunjung dalam dunia blogging, apalagi bagi anda yang mengumpulkan recehan dari blog anda sudah tentu mengharapkan memiliki SEO (search engine optimization) yang sempurna untuk website atau blog anda. Padahal pada dasarnya, SEO bukanlah jalan satu-satunya tempat anda berjuang keras, percuma bila anda memiliki SEO yang dapat menggaet banyak orang namun setelah itu para pengguna website anda kabur.
langkah tepat optimalisasi seo
Pada tulisan kali ini kita akan membahas kesalahan yang sering terjadi pada saat optimalisasi seo pada sebuah website atau blog dimana itu dapat berisiko pada trafik website anda kedepannya nanti. Saya katakana nanti disini karna hasilnya nanti akan membuat website anda lebih stabil di posisinya, bukan hanya sekali hilang di telan bumi.

Oke, mungkin ada beberapa dari kita yang masih belum mengerti apasih SEO itu ? seperti yang tlah di sebutkan tadi, SEO adalah singkatan dari kata Search Engine Optimization dimana ini berarti optimalisasi pada mesin pencari. Mengapa perlu optimalisasi seo dan apa untungnya ? untuk menjawab hal ini kita perlu mengetahui dulu tentang mesin pencari, contohnya saja Google. Seperti yang kita ketahui, mesin pencari seperti google akan membantu kita menemukan website yang kita inginkan dengan hanya menuliskan kata kunci dari website tersebut.

Berikutnya, si pencari akan memilih website mana yang akan dia kunjungi pada deretan website yang telah di tawarkan oleh mesin pencari tersebut. Pada mesin pencari terdapat bermilyar-milyar haalaman yang pasti memiliki kata kunci tersebut sehingga akan ditampilkan dalam bentuk halaman-halaman. Sekarang anda dapat membayangkan bagaimana jika anda berada di halaman terakhir dari bermilyar-milyar website ? sudah tentu akan hampir mustahil si pencari akan membuka halaman terakhir karna dibutuhkan waktu lama untuk membuka semuanya.

Jadi poin pentingnya adalah, cara - cara optimalisasi SEO akan membantu anda tampil pada halaman awal pada mesin pencari, dan sudah pasti ini sangat mengunngkan bagi anda. Karna dengan begitu website anda akan lebih mudah di temukan oleh ratusan pencari kata kunci tersebut dan akan berdampak pada kenaikan trafik website anda.

Lalu, bagaimana cara mudah mengoptimalisasinya agar website atau blog kita menjadi teroptimalisasi atau yang sering di sebut SEO friendly tersebut? Ada beberapa cara yang biasanya sering dipraktekkan oleh para pemilik website atau blog. Biasanya, terkait dengan konten, keyword, serta desain dari website tersebut, selain juga menyematkan kode pada HTML template-nya. Namun, semuanya belum tentu efektif dan terkadang memiliki resiko, untuk itu saya menulis hal ini demi memperjelasnya. Berikut adalah daftar pembahasannya :

1. Optimalisasi judul dengan logika

Mengapa saya katakana demikian? Dalam praktik menulis blog, kebanyakan dari kita hanya mengoptimalisasi judul agar sesuai keinginan mesin pencari dan kadang-kadang tidak sesuai dengan konten yang ada pada blog kita. Padahal ini akan berakibat fatal bagi anda, kadang seseorang akan mem blacklist anda dan tidak akan mau membuka website anda dari halaman pencarian karna “kapok” dengan konten dan judul yang anda tawarkan. Jadi intinya yang pertama adalah judul harus sesuai konten.

Berikutnya, dalam menuliskan judul anda sebaikknya memikirkan kata yang sederhana dan gampang terpikir oleh orang dalam melakukan pencarian pada mesin pencari. Ini akan memudahkan mesin pencari dalam menjaring tulisan anda sehingga anda dapat memasuki halaman pertama. Selain itu judul anda harus sesuai logika, sebagaimana pada saat ini mesin pencari sedang diajarkan untuk memilih judul yang sesuai dengan bahasa dan logika berfikir manusia pada umumnya.

Setelah itu pastikan juga judul anda memuat kata kunci yang ingin anda menangkan serta gunakan nama yang unik untuk menggaet para pencarinya yang dimana para pencari ini adalah manusia yang tertarik pada hal unik.

2. Domain, url atau Permalinks membuat anda lebih bernilai

Domain adalah hal yang sangat mencerminkan seperti apa atau website anda masuk dalam kategori yang mana, dengan demikian mesin pencari akan memberi anda nilai lebih pada pencarian kata kunci yang berhubungan dengan domain anda saat ini. Misalnya saja anda ingin membuat blog referensi, jadi anda dapat membuat website anda dengan nama berbagireferensi[dot]com dsb. Sehingga nantinya anda akan mendapat urutan yang cukup tinggi pada pencarian kata referensi dan berbagi.

Selain domain, url atau permalinks yang sesuai dengan kata kunci juga akan menambah nilai anda pada mesin pencari, jadi usahakan memiliki permalink yang sesuai dengan judul artikel atau memiliki kata kunci di dalamnya. Saya sarankan anda memilih tempat blog dengan kemampuan mengubah permalink agar dapat merubahnya sesuka hati.



3. Gunakan konten yang berkualitas

Konten adalah rajanya website, seperti halnya para pencari di Google, mereka pasti ingin mencari website dengan konten yang paling sesuai dengan apa yang mereka sedang cari. Sehingga sudah tentu mesin pencari sudah “diajari” cara agar dapat memilih konten yang baik dan sesuai dengan penggunanya nantinya.

Setelah konten anda lolos dari mesin pencari tersebut, maka konten ini akan dibaca oleh si pencari. Pada tahap inilah pentingnya konten yang baik agar pembaca website atau blog anda nyaman berada di blog anda. Jika anda berhasil memikat hati pembaca anda, tanpa disuruh mereka akan mengikuti blog anda karna mereka merasa mudah mengerti di blog anda.

Seperti yang dikatakan tadi, pembaca hadir karna mudah mengerti di blog anda. Jadi setidaknya buatlah konten dengan isi yang sederhana dan mudah di mengerti si pembaca.

4. Tingkat kepadatan keyword

Kepadatan keyword / kata kunci adalah hal yang perlu di perhatikan agar website anda menjadi lebih berharga dimata mesin pencari. Artikel yang memiliki kepadatan kata kunci pada kontekstualnya, biasanya akan menjadi prioritas bagi mesin pencari.

Namun perlu anda perhatikan, jangan terlalu padat dan terlalu sering mengulang-ulang kata kunci karna blog anda nantinya akan di cap sebagai spam. Selain itu, pastikan juga artikel cukup panjang, minimal 500 kata atau lebih, tentunya dengan tetap menjaga standar konten artikel tersebut.

5. Manfaatkan tag header

Kita telah lama ketahui bahwa Mesin pencari lebih cenderung akan menyukai konten dari artikel yang memiliki tag header pada sebuah website. Apalagi, jika tag header itu juga termuat pada paragraf pertama dan kedua artikel tersebut. Selain itu, gunakan juga tag header yang banyak dicari.

Namun perlu anda ingat bahwa tag header juga ada batasnya, jadi pastikan anda tidak melebihi batas tersebut.

6. Gunakan sitemaps

Fitur sitemaps ( peta situs ) pada sebuah website selain berguna untuk para pencari yang ingin melihat lihat apa saja yang ada di website anda, ia juga akan memberikan indeks yang jauh lebih baik pada mesin pencari.

Pengindeksan yang dilakukan oleh mesin pencari sangat berarti buat anda, jika website anda tidak memiliki peta situs maka halaman anda akan sangat sulit terindex oleh mesih pencari dan bahkan tidak akan ketemu oleh mesin pencari.

7. Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda

Jenis platform anda juga penting, entah anda menggunakan blogspot, wordpress ataupun yang lainnya. Misalnya saja jika anda menggunakan platform blogspot seperti saya ini, akan mempermudah dari segi penggunaan dan memulainyapun sangat mudah sekali. Selain itu kita tidak perlu repot-repot menyiapkan hosting, membayar hosting, memelihara hosting serta takuk akan server down karna semuanya akan di tanggung pihak blogger. Namun, dibalik kemudahan tersebut terdapat kesulitan dalam hal keterbatasan pengeditan blog yang kita gunakan, serta plungin yang ada akan sangat terbatas.

Beda halnya jika anda menggunakan wordpress pada server sendiri, anda akan dengan bebas mengeditnya sesuka hati, menambahkan plugin seo, menambahkan forum dsb. Tapi, seperti yang saya katakana tadi bahwa anda akan memerlukan waktu lebih untuk mengurusi hosting anda.


8. Desain yang cocok untuk gadget

dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, bisa dipastikan bahwa website akan dapat kunjungan dari perangkat selain komputer. Jadi, anda harus benar-benar mempertimbangkan para pengguna dari telpon seluler, tablet dan berbagai macam gadget. Dengan menggunakan responsive design saya piker website anda akan mampu bersaing untuk mendapatkan pasar di area gadget tersebut.

Selain hal itu juga, mesin pencari seperti google misalnya, telah memberitahu bahwa mereka akan memilah website dengan kemampuan responsive pada perangkat seluler. Jadi, jika website anda tidak responsive, maka anda tidak akan muncul pada pencarian pada gadget. Sehingga ini akan mengurangi trafik anda.

9. Mudah Dijelajahi

Bagaimana perasaan anda jika mengunjungi website dangan penuk link tidak teratur disana sini? Atau memiliki navigasi yang kacau? Tentu anda akan merasa kesal dan kecewa, bahkan jika konten website atau blog tersebut sangat baik menurut anda. Jadi, anda harus mempertimbangkan untuk meluangkan sedikit waktu anda untuk memperbaiki system navigasi pada blog anda sehingga penggunapun akan meresa nyaman berada di website anda karna mudah penggunaannya. Jadi, optimalisasi website atau optimalisasi blog anda sendiri juga sangatlah penting.

Dengan kenyamanan pengguna ini maka anda kemungkinan akan mendapat lebih banyak pageview dan itu berarti lebih banyak recehan yang anda peroleh.

10. Riset Kata Kunci

Selain dengan cara optimalisasi SEO di atas, anda juga perlu melakukan kata kunci yang tepat agar website anda lebih cepat ketemu oleh orang banyak. Risat kata kunci dilakukan dengan cara mengunjungi sebuah mesin pencari dan memperoleh kata apa saja yang sering muncul atau paling sering dicari pada mesin pencari tersebut.

Tapi, tentunya kata kunci yang anda akan gunakan adalah kata-kata yang berkaitan dengan konten blog atau website anda. Sehingga ada korelasi antara website anda dengan kata kunci tersebut, setelah itu baru anda dapat menulis dan memenangkan peringkat pada halaman pertama dalam pencarian di mesin pencari tersebut.

11. Plugins SEO

Plugin seo seperti yang telah kita bahas tadi, ini berfungsi untuk meningkatkan pesona kita dimata mesin pencari. Namun sayangnya, hanya flatform tertentu yang dapat menggunakannya. Jadi kembali lagi pada platform, anda harus memilih platform yang tepat sesuai kebutuhan anda sendiri. Serta perhitungkan modal yang anda miliki saat ini.

12. Gunakan Social Media dan bangun nama

Mulai sekarang mesin pencari seperti Google telah mempertimbangkan satu hal yang penting bagi sebuah website. Apa itu ? author, google akan menambah nilai anda jika memiliki author yang jelas dan author tersebut sudah sering berada di pengindeksan google. Sehingga semakin terkenal anda sebagai author, maka website anda akan semakin naik peringkat. Jadi, bagaimana anda meningkatkan status author anda pada blog? Cantumkan pada meta blog anda.

Selain itu, social media juga berfungsi untuk menemukan penguna yang aktif. Sehingga anda dengan lebih mudah menyebarluaskan website anda.

13. Backlink dari Situs Lain

Tentu backlink akan menjadi tolak ukur seberapa terkenalnya blog anda. Semakin banyak backlink menuju website anda maka semakin tinggi nilai website anda.

Namun tunggu, anda harus membangun backlink secara normal. Jika anda membangun backlik dengan booming sehari, maka sudah tentu mesin pencari akan menganggap anda sebagai spammer. Ini justru akan membahayakan website anda sendiri. Jadi bertindaklah secara manusia normal.

Kualitas baclink juga sangat di perhitungkan, anda harus membangun backlik pada website yang cukup terkenal dan tidak memiliki konten negatif.

14. Percantik blog anda, tapi jangan memperberat

Mempercantik dan memperberat loading sebuah website amat sangat berhubungan. Namun, untuk mempercantik bloh tidak perlu yang berat kan? Cukup anda memilih template yang nyaman di mata dan minimalis. Ini akan mempercantik anda dimata Google dan meningkatkan SEO anda.

Selain itu gunakan juga jenis dan ukuran tulisan yang dapat dibaca manusia, setidaknya tidak membuat mata para pembaca anda sakit. Dengan cara ini pembaca anda akan lebih nyaman serta website anda tidak hanya dilihat dan pembacanya menghilang. Ini akan berpengaruh pada bouncing rate dari website anda.

15. Rutin menulis dan memelihara

Terakhir adalah anda harus rutin melakukan posting agar website anda lebih sering di indeks mesin pencari. Selain itu juga, maka anda akan lebih sering mendapat pengunjung serta kemungkinan mendapat peringkat pertama akan lebih banyak.

Rutin menulis di blog anda juga akan semakin membuat blog anda “stabil” di posisinya. Dengan banyaknya tulisan anda, anda jadi tidak perlu khawatir tentang salah satu posisi anda tergeser. Toh masih ada puluhan tulisan anda berada di nomor satu.

Memelihara juga kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan SEO anda, dengan mengecek secerapa sering website anda down, seberapa aman blog anda, seberapa nyaman dan sebagainya. Sehingga anda nantinya dapat memperbaiki kekurangan pada blog atau website anda.

Demikianlah 15 cara agar website anda memperoleh nilai SEO yang tinggi dan tanpa takut akan resiko di “tendang” dari halaman pertama. Semoga beberapa cara tadi dapat anda lakukan dengan baik dan nikmati hasilnya, selamat menulis dan semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel