7 Langkah Menjadi Kreatif dan Sukses Dalam Bekerja

Menjadi orang kreatif sangat penting bagi setiap orang, karna dengan menjadi kreatif anda akan menjadi orang yang lebih dihargai dan memiliki daya pikat sendiri dimata orang lain. Orang kreatif tidak hanya terbatas pada orang yang sukses menciptakan benda-benda aneh dan unik serta berguna, namun juga bagi orang yang mampu mengolah setiap kegiatannya menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Menjadi Kreatif dan Sukses
Pada dasarnya, setiap proses dalam kehidupan seseorang memiliki sebuah masalah dan juga manusia itu sendiri memiliki keinginan yang lebih. Untuk lebih jauhnya, maka solusi untuk mempermudah anda memperoleh semua adalah dengan menjadi kreatif. Jadi, disini saya akan mengemukakan beberapa langkah dan alas an mengapa anda harus menjadi orang yang kreatif.

Apa pentingnya menjadi kreatif dalam bekerja?

Untuk menjawab ini, anda perlu membayangkan diri anda bekerja di sebuah kantor dengan banyak pekerja, kira-kira ratusan pekerja. Dan pastinya dintara sekian banyak orang tersebut, anda adalah salah satunya yang memiliki keinginan naik jabatan dengan cepat.  Berikutnya anda bayangkan bahwa diri anda sama seperti mereka yang melakukan “kegiatan rutin” dikantor tanpa membuat inisiatif. Dengan hanya melakukan kegiatan rutin ini akan membuat anda terlihat biasa.

Pasti anda telah memiliki gambaran tentang bagaimana orang yang sangat biasa, dan anda tidak ingin seperti itu bukan? Disinilah titik terangnya, menjadi kreatif akan membuat anda “BEDA” dari orang lain. Anda akan memiliki semanagat sendiri, dan ingat ini baik-baik “semangat itu menular, dimana penularnya adalah pemimpin”. Jadi, jika anda mampu menularkan semangat anda, maka perlahan tapi pasti anda akan diakui dan anda nantinya memiliki karisma berbeda dari yang lain.

Bagaimana langkah menuju kreatif ?

Dari berbagai macam pekerjaan di dunia ini, titik tersulitnya adalah memulainya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa permulaan yang baik sama dengan setengah pekerjaan. Jadi, untuk memulai proses kreatif anda harus memulai dari diri anda sendiri.

Berikut kiat-kiat awal untuk menjadi kreatif :

a. Mulailah mengatur jam tubuh anda

Jam tubuh? Ya, dengan membangun kebiasaan bangun pagi misalnya. Sebagai contoh, Kebanyakan orang disaat liburan tidur sampai siang, tapi ini tidak berlaku untuk orang kreatif. Bagi mereka bangun pagi saat liburan adalah waktunya mengenal dunia secara lebih baik, dimana banyak sekali kegiatan yang dapat ia lakukan.

Setidaknya anda tidak menghabiskan waktu di atas kasur saja, mulailah mencoba untuk pergi jalan-jalan untuk menyegarkan badan serta pikiran. Setidaknya ini akan mengurangi dampak stress pada kegiatan sehari-hari anda.

Berikutnya, mulailah membuat tubuh anda lebih baik dengan tidak begadang jika tidak diperlukan. Karna semakin anda menyiksa tubuh anda sendiri, anda akan mendapati tubuh anda tidak fit setiap harinya. Dan pada akhirnya, bagaimana semangat anda menular jika anda sendiri tidak semangat ?

b. Latihlah diri anda untuk semangat

Bagaimana jika hari-hari anda begini
“hari ini pergi kerja pagi dan pulang sore hari, tidur sampai malam, malam begadang untuk nonton sampai subuh, paginya kerja lagi dan begitu seterusnya.”
Bagaimana anda mengubah hidup anda yang seperti itu ? anda harus berubah, tentu itu jawaban anda. Tapi apakah berubah akan semudah itu ? TIDAK! Jadi bagaimana caranya?

Untuk merubah kehidupan anda yang tadi, anda harus memulai dengan belajar bersemangat. Apakah bersemangat itu dapat dipelajari ? jawaban saya ya, semangat itu seperti anda belajar suatu olah raga, akan perlu pembiasaan. Untuk memulai mempelajari semangat anda harus menunjukkan diri bahwa anda semangat, dan berkata dalam diri anda bahwa anda menyukai pekerjaan anda dengan menimbulkan perasaan senang. Coba saja setiap anda akan pergi berangkat kekantor.

c. Mulailah mengerjakan hal baru dan yang anda sukai

Ini sangat penting! Anda akan merasakan semangat anda akan bertambah setiap anda mengerjakannya. Bukan hanya itu, melakukan hobi misalnya akan membuat anda merasa lebih bergembira dan semangat dalam mempelajari sesuatu.

d. Kenali dan fahami

Anda akan merasa pekerjaan anda akan “membosankan” jika anda tidak ingin sekali saja untuk mengenal dan memahami pekerjaan anda. Jika anda lebih semangat dari kegiatan awal anda tadi, sekarang waktunya anda untuk belajar dan mengamati lebih teliti tentang pekerjaan anda.

Anda dapat mengamati bagaimana bos anda berbicara dan apa saja yang dia sukai dan inginkan. Ini akan membantu anda memilih cara-cara yang tepat untuk berhadapan dengan bos anda, dengan cara ini maka anda akan terlihat berbeda dan lebih memahami atasan anda. Tapi ingat, “semua orang tidak suka dijilat!”. Jadi, anda harus mengerjakannya secara alami dan bukan menjadi penjilat serta anda harus mempertahankan harga diri anda.

Berikutnya amati pekerjaan anda sehari-hari, fahami apa yang anda lakukan dan apa yang menjadi tujuannya. Dengan begitu anda akan mempu mengerjakan pekerjaan anda sesuai tujuan dan bagian terpentingya adalah “BUAT CARA ANDA BEKERJA SENDIRI”. Anda boleh saja meniru orang lain dalam bekerja, namun pasti ada beberapa bagian yang tidak sesuai dengan diri anda, maka disinilah hasil belajar dan pengenalan anda berfungsi. Dimana itu akan membantu anda menemukan jalan dan langkah kerja terbaik untuk anda.

Selanjutnya, amati sekeliling anda dan buatlah daftar yang mereka sukai. Ini nantinya berguna untuk anda menjalin hubungan sosial.

e. Jalin hubungan pertemanan

Di dunia ini masih banyak orang baik dan siap menjadi teman baik anda, selama anda mengerti dan memahami mereka. Orang-orang di sekitar anda akan membantu anda mempermudah kehidupan anda jika anda mau memahami mereka dan berinteraksi serta menunjukkan keperdulian anda.

f. Cari hal baru dalam pekerjaan anda dan bagikan

Setelah anda dengan penuh perhatian mengamati pekerjaan anda, pasti setiap orang dapat memikirkan ide baru untuk mempermudah pekerjaanya.  Maka andapun begitu, anda nantinya akan mendapat ide cemerlang tentang hal baru yang lebih baik atau mempermudah pekerjaan anda.

Setelah anda yakin dengan hasil dari ide anda, bagikan dengan teman anda mengenai ide ini lalu lihat reaksi mereka. Dari reaksi teman-teman anda maka anda akan memperoleh klomentar dan komentar inilah yang anda gunakan untuk memperbaiki iide anda. Ingat bahwa “Roma tidak dibangun dalam semalam”, begitu pula sebuah ide kreatif.

g. Cari dukungan dan selalu terlihat semangat

Dengan dukungan teman, anda kan menjadi lebih yakin dan tentunya akan lebih bersemangat melakukan pekerjaan anda dengan ide cemerlang anda. Akibatnya, anda akan mendapatkan umpan balik yang positif serta dukungan yang sewaktu-waktu siap membantu anda.

Pertahankanlah semangat anda ini setiap hari dan lakukan terus, maka anda akan menjadi berbeda dengan yang lain serta menjadi pusat dari orang-orang di sekitar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel