Alternatif Platinum Dalam Memproduksi Hidrogen

Kita tahu bahwa harga platinum cukup mahal, walaupun demikian platinum mampu untuk menghasilkan hidrogen yang berguna untuk penelitian dan bahan bakar. Namun kali ini ilmuan telah menemukan alternatif dari platinum tersebut dimana ini diyakini dapat meningkatkan produksi hidrogen karna bahan alternatif ini relatif terjangkau.
hidrogen dari molybdenum disulfide
Para ilmuan telah menunjukkan bahwa gelombang mikro telah terbukti dapat membantu dalam proses pembuatan struktur nano pada katalis molybdenum disulfide (MoS2) dengan kemampuan yang telah ditingkatkan untuk menghasilkan hidrogen.

Strategi gelombang mikro ini bekerja dengan meningkatkan volume ruang dan akibatnya ini akan mengurangi interaksi  antar lapisan individu MoS2. Ini memperlihatkan kita bahwa area reaktif di sepanjang tepi permukaannya dapat memproduksi hidrogen.

Perhitungan atomistik dengan prinsip pertama  menunjukkan bahwa dengan menambahkan jarak antar lapisannya maka akan terjadi perubahan sifat elektronik dan kimia dari area tepi ini dan membuat mereka lebih efektif dalam memproduksi hidrogen. Strategi itu telah ditunjukkan oleh kelompok peneliti di Pusat Bahan Nanoscale (CNM), Departemen Energi AS (DOE) Kantor Sains Pengguna Fasilitas berbasis di DOE Argonne National Laboratory.

"Strategi mikrowave adalah cara yang layak untuk merancang katalis molibdenum disulfide untuk memproduksi hidrogen dan sel bahan bakar hidrogen," kata Yugang Sun, seorang ilmuwan nanosains.

Energi gelombang mikro lebih efisien daripada pemanas konvensional karena berfokus pada bahan yang sedang dipanaskan. Pemanasan konvensional atau pemanasan permukaan lebih lambat dari microwave dan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan karena menghasilkan temperatur yang berbeda di dalam interior bahan.

MoS2 adalah salah satu katalis pada industri, umumnya digunakan sebagai pelumas kering dan dalam penyulingan minyak bumi. Ini adalah salah satu dari segelintir hal kecil yang menjanjikan dari bahan bumi yang berlimpah yang bisa memberikan alternatif  bahan bakar untuk penerbangan murah.

 Platinum merupakan katalis yang sangat efisien dalam pemisahan air menjadi hidrogen dan oksigen, tetapi biaya yang dibutuhkan sangat tinggi dan kelangkaannya membatasi kita untuk menggunakannya secara berlebihan dan secara luas dalam memproduksi hidrogen dan sel bahan bakar hidrogen.

Makalah penelitian ini diterbitkan di Nature Communications. Argonne Minrui Gao, Maria K.Y. Chan, dan Yugang Sun adalah co-penulis.

Penelitian ini menggunakan beberapa kemampuan CNM; Studi electrocatalysis; komputasi Carbon cluster; dan karakterisasi melalui difraksi sinar-X, resolusi tinggi mikroskop elektron transmisi, dsb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel