Cara Mendapatkan Uang dari Blog Bahasa Indonesia

Uang adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia saat ini, bagaimana tidak ? setiap hari anda akan membutuhkan uang untuk membeli sesuatu. Di saat yang bersamaan, teknologi dan informasi berkembang dengan sangat sangat cepat, terutama dalam dunia internet yang didalamnya terdapat istilah blog. Anda sudah pasti mengetahui apa itu blog dan mungkin pernah mendengar tentang orang yang mencari uang dari blog. Tulisan ini akan membahas bagaimana cara orang-orang tersebut mendapatkan uang dari blog yang mereka tulis walaupun blog tersebut berbahasa Indonesia yang pembacanya adalah orang Indonesia.
uang dolar Bagi anda yang baru mengenal dunia blog pasti befikir bahwa memperoleh uang dari blog adalah mimpi, namun kenyataannya banyak orang yang mendapatkan uang dari blognya. Jika anda memiliki sedikit waktu luang dan tidak ingin terbuang sia-sia maka saya sarankan segeralah menulis blog untuk penghasilan tambahan anda. Saya juga awalnya bertanya –tanya bagaimana mereka memperoleh penghasilan dari blog lalu saya mulai mempelajarinya. Jadi ingatlah, semua hal sukses yang dilakukan berawal dari belajar. Saya harap diri saya juga akan selalu terus belajar seperti anda dan berharap suatu hari nanti saya akan menulis artikel-artikel bahasa asing di blog saya.

Bahasan kita selanjutnya adalah bagaimana orang-orang tersebut memperoleh keuntungan dari blognya? Disini ada beberapa cara yang bias anda lakukan dengan blog anda untuk memperoleh penghasilan tambahan yang bermanfaat nantinya.

1. Memasang iklan di Blog

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri di dunia ini adalah setiap ada kumpulan orang beramai-ramai maka aka nada terselip kesempatan berpromosi. Inilah yang dilihat oleh para pengiklan dan akan mengincar blog anda. Semakin anda memiliki pengunjung yang ramai maka para pengiklan ini akan semakin tertarik pada blog anda. Dengan begitu, hal pertama yang anda harus lakukan untuk memasang iklan di blog anda adalah mencari pengunjung sebanyak-banyaknya.

Untuk mencari para pengunjung disini anda perlau melakukan beberapa cara antara lain dengan membuat focus blog anda dan membangun pemirsa, membagikannya di social media atau menggunakan optimasi SEO pada blog anda.

Lalu jenis iklan apa saja yang dapat anda pasang di blog anda ? disini saya akan menyebutkan dengan rinciannya.

a. Iklan dari Perantara Iklan jenis ini adalah jenis iklan yang paling mudah anda dapatkan, mengapa demikian? Karna iklan jenis ini anda akan dipermudah menemukan pengiklan yang akan mengiklankan di blog anda dengan bantuan perantara. Iklan jenis ini juga memiliki banyak pilihan misalnya ada yang membayar anda setiap kali klik atau yang sering di sebut pay per click ( PPC ), ada yang membayar setiap kali di tampilkan dan sebagainya.

Contoh dari iklan jenis ini misalnya adalah Google Adsense yang mencakup iklan dari seluruh dunia. Layanan dari Google ini paling diminati para blogger karna ia yang paling menguntungkan. System pembayarannya juga sederhana, namun karna ia adalah perantara tentu saja Google juga mendapat komisi dari kerja anda yaitu dengan system bagi hasil. Selain itu ada juga iklan dari Kliksaya dsb.

Kerugian dari jenis ini sudah jelas kita tidak mendapat uang kita full, namun ini sebanding dengan kerja keras perantara itu juga. Selain itu penghasilan anda tidak menentu karna ini tergantung dari jumlah pemirsa dan klik dari pemirsa anda.

b. Iklan mandiri Jenis iklan ini menurut saya adalah jenis iklan terbaik, karna biasanya jenis iklan ini akan membayar anda secara pasti setiap bulannya. Pada jenis iklan ini anda hanya akan menyediakan “lapak” untuk si pemilik iklan pada blog anda lalu anda tinggal santai untuk menerima gaji.

Kekurangan dari sistem ini adalah anda akan mendapat uang segitu-segitu terus walaupun terjadi penambahan pada pengunjung anda selama itu dalam masa kontrak. Selain itu, syarat untuk menjadi penyedia lapak ini cukup sulit bagi blogger pemula karna harus memiliki banyak pengunjung perharinya serta untuk menemukan si pengiklan juga cukup sulit.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Sekarang ini banyak penjual yang beralih menuju system penjualan online, ini dikarenakan dengan berjualan online maka barang mereka akan lebih terlihat oleh banyak orang. Tentunya ini akan menjadi berita gembira bagi para penjual tersebut, namun kekurangan mereka adalah tidak mungkin mengurusi promosi online sedang mereka harus bekerja di dunia nyata juga. Maka lahirlah system yang di sebut afiliasi dimana para onliner seperti anda dapat mendaftarkan diri untuk menjadi “Sales” mereka.

Disini ada beberapa afiliasi yang dapat anda ikuti, dan ini adalah pekerjaan sampingan anda demi mendapat hadiah bulanan. Lumayan akan mengirit pengeluaran anda. Beberapa dianteranya adalah :

a. Afiliasi barang Seperti yang telah disebutkan diatas, para penjual memerlukan orang yang akan nantinya menjual barang yang mereka produksi dengan upah tertentu. Pada dunia blogger, anda tidak perlu susah-susah menjadi sales keliling, anda hanya perlu menyelipkan promosi ini pada blog anda dan jika orang tertarik maka orang itu pasti membelinya melalui link yang anda dapatkan dari program afiliasi tersebut.

Kekurangan program ini adalah bahwa anda benar2 bergantung pada keinginan pelanggan dan memiliki penghasilan tidak pasti. Maka anda jangan menjadikan ini sebagai pekerjaan utama, ini hanya sampingan.

b. Afiliasi jasa Afiliasi jasa tidak berbeda jauh dengan afiliasi barang, bedanya disini adalah anda akan menawarkan jasa pada pemirsa blog anda. Simple kan?

c. Menjadi Drop Shipping Drop shipping adalah sebuah bisnis dimana anda diminta untuk menjualkan produk orang lain. Namun, si pembeli membeli produk orang lain tersebut darii Anda. Selanjutnya, Anda mengirimkan uang tersebut ke pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang ke alamat si pembeli.

Ini akan lebih memakan waktu anda untuk mengurusinya, namun penghasilan yang diperoleh tentu lebih banyak. Apalagi jika Anda menemukan perusahaan drop shipping yang profesional dan produknya bagus, Anda akan mendapatkan uang yang banyak dan tidak mengecewakan pembeli dari blog Anda.

3. Berjualan di Blog

Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar dan membaca artikel yang membahas suatu produk di blog. Namun taukah anda ? ini adalah salah satu strategi mereka untuk menjual barang pada pemirsa blognya. Karna cara ini cukup efektif maka banyak yang memanfaatkan cara ini. Ada beberapa bagian dari jenis memperoleh uang dari blog dengan cara ini yaitu

a. Menjual barang Tentunya anda disini fungsinya selain sebagai blogger juga harus mkemiliki barang aslinya yang siap anda jual. Dengan media blog tersebut maka anda akan siap menjawab pertanyaan seputar produk anda dan meyakinkan pembeli anda untuk membeli pada anda.

Bukan hanya media blog tersebut gratis, namun jika dilihat dari jumlah pengunjung hariannya maka ini cukup menjanjikan. Jadi, mulailah membuat artikel yang berhubungan dengan barang yang anda jual.

Sekarang ini sudah banyak di kenal “olshop” dimana artinya adalah online shop. Ini adalah salah satu contoh bisnis di blog, namun anda juga dapat membagikannya pada media social yang anda miliki. Dengan demikian anda akan mendapat lebih banyak lagi permintaan untuk barang anda.

b. Menjual jasa Sama seperti menjual barang di blog, jasa juga dapat anda bagikan dengan blog anda, maka anda akan memperoleh lebih banyak permintaan. Misalnya saja anda dapat mkembuka konsultasi online jika anda ahli pada bidang tertentu. Atau anda dapat membuka jasa bimbingan belajar online dan sebagainya.

Namun, anda perlu memperhatikan jasa anda apakah cocok bagi pemirsa anda atau tidak. Mencari pemirsa yang tepat akan memperbanyak permintaan jasa anda.

4. Menyediakan Membership

Jika anda adalah seorang pakar yang ahli dalam bidang tertentu atau akan membuka kelas online, ini adalah salah satu keuntungan anda karna anda dapat meminta bayaran bagi orang-orang yang ingin mengakses blog anda. Atau anda dapat menyediakan informasi penting dan pada akhirnya mengharuskan pemirsa anda membayar untuk mendapatkan pelayanan lebih.

Untuk meningkatkan pendapatan anda dengan cara ini, anda perlu memikirkan lagi untuk membuat versi trial dari layanan anda tersebut. Ini nantinya akan berguna untukk menggaet para pemirsa menuju blog anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel