Gangguan Pernafasan Akut Akibat Dari Infeksi Virus

Anda pasti telah mendengar atau menyaksikan di TV bahwa akhir-akhir ini banyak terjadi wabah yang menyebabkan gangguan pernafasan akut dan kebanyakan infeksi saluran pernapasan akut tersebut adalah infeksi yang di sebabkan oleh virus. Jenis gangguan ini mungkin sangat sulit untuk di hentikan, pasalnya pada gangguan sistem pernfasan jenis ini anda akan terifensi bakteri di mana infeksi bakteri tersebut berkembang setelah terjadinya infeksi virus tadi.

Gangguan Pernafasan Akut

Mengapa gangguan pernafasan berbahaya ?

Dalam situasi seperti itu, bagaimanapun penyakit ini akan menjadi lebih lama untuk di sembuhkan dan ini dianggap sebagai gangguan akut. Mungkin anda juga tahu bahwa infeksi pada saluran pernafasan adalah penyakit yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang di seluruh dunia.

Ini akan menjadi bahaya karna penularan infeksi pada gangguan pernafasan ini terjadi dengan amat sangat cepat, ini di karenakan oleh infeksi virus. Seperti kita ketahui sendiri bahwa virus dapat mereplikasi diri sangat cepat, itulah alas an mengapa penularannya terjadi sangat cepat. Namun untuk mencapai tahap akut akan membutuhkan waktu tersendiri.

Siapa saja yang sering terinfeksi ?

Diketahui bahwa anak-anak yang mengidap penyakit gangguan pernafasan akut ini berkisar antara lima sampai tujuh orang per tahun, dan terjadi penurunan dalam frekuensi seiring bertambahnya usia. Orang dewasa yang di ketahui gangguan penyakit tersebut adalah dua orang per tahun.

Telah terbukti bahwa di antara orang dewasa, wanita memiliki frekuensi yang lebih tinggi untuk terserang penyakit pernapasan ini daripada seorang pria. Selain itu jika di hubungkan kaitannya dengan pekerjaan, wanita yang tidak bekerja di luar rumah lebih sering terkena gangguan penyakit ini daripada mereka yang bekerja di luar rumah. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak adalah yang paling bertanggung jawab untuk menyebarkan penyakit ini didalam lingkungan keluarga.

Bukti lebih lanjut untuk kesimpulan ini berasal dari terjadinya penyakit musiman. Sementara ini infeksi akut terjadi sepanjang tahun di daerah beriklim sedang yang paling sering dimulai pada musim dingin, dan puncak pertama dari penyakit ini biasanya sekitar dua minggu pada awal masuk sekolah.

Apa akibat infeksi ini pada tubuh ?

Salah satu alasan mengapa ada begitu banyak penyakit akut yang dialami sepanjang hidup adalah sejumlah besar virus ini dapat menyebabkan sindrom yang serupa dengan pilek dan lainnya. Selain itu, ketika anda terinfeksi dengan salah satu virus ini maka kekebalan tubuh anda tidak akan bertambah kuat seperti pada beberapa virus lain yang dapat di tangani dengan pemberian vaksin.

Sejak infeksi pertama yang berada pada permukaan saluran pernapasan maka ini akan berkelanjutan dengan disebarkannya melalui aliran darah, infeksi ini akan lebih mempengaruhi antibodi IgA daripada antibodi IgG. Akibatnya, kekebalan yang dihasilkan oleh pengalaman masa lalu dengan virus yang yang relatif sama tidak bersifat absolut atau seperti yang di katakana tadi, kekebalan tubuh anda tidak akan bertambah kuat untuk menahan virus seperti ini lagi.

Ini berarti mungkin ada perlindungan dari infeksi selama periode beberapa bulan saja dan selebihnya maka anda akan rentan terserang virus ini lagi. Dengan demikian, anda akan berada pada zona berbahaya lagi dan begitu untuk seterusnya. Jadi, untuk menghindari dan langkah pencegahan dari terkena dampak virus tersebut maka anda disarankan untuk menggunakan masker.

Situasi yang paling dramatis adalah ketika anda terkena beberapa virus berat seperti  virus pernafasan syncytial (RSV) dan virus parainfluenza. Infeksi awal dari virus ini dapat menghasilkan penyakit yang berpotensi mengancam kehidupan pada anak-anak, seperti bronkitis atau croup. Namun keuntungannya datang di kemudian hari ketika terjadi reinfeksi, maka virus ini hanya akan menghasilkan sindrom seperti biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel