Penyebab Polusi Udara, Dampak dan Cara Mencegah

Penyebab polusi udara adalah hal yang perlu kita perhatikan saat ini, pasalnya semakin banyak udara yang terkena polusi maka kehidupan manusia juga akan memburuk. Udara yang sehat sudah tentu menjadi dambaan semua orang, dengan udara yang sehat maka resiko penyakit gangguan pernafasan serta hal-hal yang diinginkan lain akan berkurang. Polusi udara adalah perubahan sifat-sifat kimia, fika dan biologis dari karakteristik udara yang menyebabkan efek yang didak baik bagi manusia, hewan, tumbuhan serta lingkungan.
polusi udara Secara garis besar, polusi udara dapat di bagi menjadi dua jenis yaitu polusi udara primer dan sekunder. Polusi dara primer adalah polusi yang di hasilkan oleh sebuah sumber langsung, misalnya saja asap dari sebuah pabrik. Sedangkan, polusi udara sekundar adalah dampak lain dari polusi udara primer atau polusi yang tidak berasal dari sumber langsung. Selain itu, kita juga mengenal pulusi udara alami dan buatan, diamana polusi udara alami adalah polusi dari sumber yang terjadi secara alami seperti kebakaran hutan. Disisi lain terdapat polusi udara dari hasil pabrik, kendaraan bermotor dan sebagainya yang menjadi sumber buatan.

Saat kita membahas polusi sudah tentu akan berkaitan dengan polutan, polutan adalah zat yang menjadi pencemar udara. Sehingga untuk menyebutkannya kita bias mengambil contoh kendaraan bermotor, disini sumber polusi adalah pembuangan gas motor dan polutannya adalah asap.

Penyebab polusi udara

Polusi yang terjadi di udara tidak terjadi begitu saja, tentu saja ada penyebab polusi udara tersebut. Diantara kita pasti sudah tau beberapa penyebabnya, yaitu kendaraan bermotor dan asap pabrik. Sebenarnya yang berpengaruh pada pencemaran di udara adalah polutan, dimana polutan di udara dapat berupa zat-zat dan partikel. Zat –zat pencemar udara yaitu antara lain sulfur dioksida, karbonmonoksida, nitrogen oksida dan sebagainya.

Mengapa zat-zat tadi dianggap sebagai pencemar ? karna misalnya saja nitrogen oksida dan dan suluf oksida di udara akan menyebabkan hujan asam serta dampak yang tidak di inginkan dari hujan asam tersebut. Lalu bagaimana bisa zat-zat tersebut sampai di udara ? inilah daftar beberapa penyebab terjadinya polusi udara :

a. Hasil pembuangan limbah industri pabrik

Sudah sejak lama di ketahui bahwa industri adalah salah satu penyumbang terbesar dari polusi udara. Bagaimana tidak, pada banyak industri sudah tentu memiliki hasil pembakaran. Pembakaran tersebut sudah tentu menghasilkan asap yang kita sebut ini sebagai limbah udara, terutama jika pabrik tersebut menggunakan bahan bakar fosil, dimana ini nantinya akan menghasilkan nitrogen oksida.

Selain itu, penggunaan bahan bakar fosil juga mengakibatkan efek rumah kaca. Efek ini sudah menjadi salah satu ancaman untuk bumi kita.

b. Penggunaan kendaraan bermotor

Kendaraan bermotor seperti mobil dan motor juga penyumbang terbesar dari pencemaran udara yang terjadi di berbagai belahan dunia. Sebenarnya bukan karna sengaja, namun kebutuhan akan alat transportasi jenis ini masih sangat banyak. Meskipun sebagian besar orang sudah tau asap yang di keluarkan oleh motor tersebut adalah polusi, namun nyatanya penambahan jumlah kendaraan bermotor terus terjadi.

Asap dari kendaraan bermotor ini sudah di ketahui bahwa ia mengeluarkan zat karbon momoksida, dimana zat ini sangat berbahaya bagi kesehaatan tubuh manusia. Zat ini jika terhidup akan menggantikan karbon dioksida di tubuh dimana karbon dioksida lebih membutuhkaannya. Pada tingkat yang lebih parah, karbon monoksida dapat menjadia racun di tubuh dan dapat membunuh manusia.

c. Pembakaran lahan

Untuk menghemat biaya pembukaan lahan biasanya para pelaku bisnis di bidang pertanian akan membakar lahan. Akibat dari perbuatan ini adalah timbulnya kebakaran lahan yang sudah pasti menghasilkan asap.

Tidak dapat dipungkiri bahwa asap adalah salah satu polutan udara, sehingga seharusnya pembakaran lahan bukanlah pilihan yang baik. Pembakaran lahan yang berlebihan dapat menimbulkan asap yang sangat banyak, dimana jika jumlah komposisi asap di udara mencapai batasnya maka asap akan mengganggu kehidupan manusia. Biasanya kasus ISPA adalah salah satu akibat dari asap ini.

d. Parfum

Penggunaan bahan kimia pada parfum juga menyebabkan polusi udara, mesikup dampaknya bukan secara langsung. Bahan kimia pada parfum akan melayang ke udara lalu pada akhirnya akan merusak lapisan ozon bumi. Kerusakan ozon terjadi akibat adanya zat-zat pada parfum yang menguraikan lapisan ozon tersebut.

e. Rokok

Anda suka merokok? Anda harusnya berfikir berkali-kali untuk merokok. Pasalnya, rokok tidak hanya merugikan secara tidak langsung, namun juga secara langsung berdampak bagi tubuh anda. Jadi, asap rokok adalah salah satu termasuk sumber polusi udara.

Selain yang telah di sebutkan di atas, beberapa hal yang juga menjadi penyebab polusi udara adalah proses peleburan logam, proses pertambangan dan penggalian, proses pembangunan serta ujicoba bom nuklir.

Dampak Polusi Udara

Efek atau dampak dari polusi udara pada kesehatan manusia sangatlah banyak. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan dan memicu penyakit pernafasan, iritasi mata, dan tenggorokan. Gejala umum yang terlihat adalah sesak dada, mata terbakar, dan batuk. Mereka dengan kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung dan asma lebih rentan terhadap bahaya polusi udara daripada yang lain. Efek yang lebih serius dapat terjadi pada anak-anak kecil, paparan polusi udara dapat menyebabkan bronchitis, sakit telinga dan asma.

Selain itu, polusi udara juga dapat menyebabkan kematian pohon yang diakibatkan hujan asam. Rusaknya lingkungan juga salah satu dampak buruk polusi udara. Secara tidak langsung polusi udara juga dapat menyebabkan kerusakan ozon.

Cara Mencegah Polusi udara

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah polusi udara jika ia ingin kehidupan yang lebih layak untukya. Karna setiap menitnya terjadi pencemaran yang tidak terhitung banyaknya yang mengakibatkan bumi kita semakin menjadi tempat yang kurang layak untuk di tempati. Beberapa cara mencegah polusi udara adalah :

a. Mengurangi limbah industri

Sudah tentu cara ini adalah yang hanya dapat di lakukan dengan kerja sama, teutama pada bidang pemerintahan yang mengatur tentang industri dan kelayakannya. Sehingga limbah udara yang di hasilkan akan berkurang.

Semakin banyak pabrik yang sadar akan hal ini, maka semakin besar kemungkinan kita untuk mendapatkan udara bersih. Oleh karna itu para pelaku pabrik hendaknya tidak memikirkan mengenai keuntungan saja, namun perlu memikirkan nasib bumi kita.

b. Pembatasan jumlah kendaraan bermotor

Cara ini adalah cara yang paling efektif, selain karna polusi udara yang di hasilkan oleh kendaraan bermotor dapat membuat sesak nafas dan rusaknya ozon, kendaraan bermotor juga perlu menyesuaikan diri dengan jumlah dan panjang jalan agar kota menjadi tempat yang nyaman untuk di tinggali. Karna kemacetan juga menyebabkan semakin lamanya motor di hidupkan serta semakin banyak pula polusi yang di dapatkan.

c. Tidak membakar lahan

Hasil sisa tanaman sebenarnya bukan barang yang tidak memiliki nilai sehingga perlu di buang atau tanaman yang di bakar juga sebenarnya bernilai. Jadi, cara terbaiknya adalah mencari cara agar tidak terjadi kebakaran lahan dan solusi untuk menjadikan sisa pohon tersebut menjadi barang yang bermanfaat.

d. Gunakan parfum alami

Sebaiknya anda mengurangi penggunaan parfum yang berlebihan, atau beralih pada penggunaan parfum yang tidak menggunakan bahan kimia. Ini bertujuan untuk menjaga bumi kita serta agar orang-orang yang alergi parfum tidak terkena dampaknya.

e. Tidak merokok

Sudah tentu cara terakhir ini and adapt lakukan sendiri, selain anda akan mendapatkan hidup sehat maka anda akan memperoleh bumi yang nyaman untuk di tinggali. Saya sangat bengga pada generasi yang tidak merokok, dan bagi anda yang tidak merokok saya bangga dengan anda dan merokok juga ternyata memiliki dampak membuat perut buncit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel