Cara Mengetahui Kapan Sapi Siap Untuk Melahirkan

Jika Anda memiliki sapi yang tengah hamil, pengetahuan tentang proses kelahiran dan tanda - tanda sapi akan melahirkan seperti apa yang perlu di ketahui, serta apa yang perlu di lakukan selanjutnya sangat penting. Anda nantinya akan perlu untuk mengawasi sapi Anda selama proses melahirkan dari awal sampai akhir. Ketika sapi siap untuk melahirkan, ia akan menampilkan beberapa petunjuk visual dan serta beberapa perilaku yang berbeda.

Peningkatan Pada Ukuran Vulva ( alat kelamin )

Jika Anda melihat vulva sapi Anda telah semakin membesar atau ukurannya mengalami peningkatan pada saat sapi tersebut hamil, maka ada kemungkinan ini adalah pertanda bahwa sapi anda siap untuk melahirkan. Peningkatan ukuran ini sering disebut sebagai "lompatan". Jika vulva sapi tersebut tampak akan bergerak bersamaan dengan tubuhnya, maka terjadinya proses melahirkan mungkin akan terjadi tidak lama lagi. Terlepas dari perubahan ukuran, vulvanya mungkin juga dapat mengeluarkan lendir bening. Lendir tersebut mungkin dapat terlihat mencolok, dimana lender ini juga dapat menggantung dari vulvanya.

Tidak Ada Nafsu Makan

Salah satu tanda umum dari sapi yang siap untuk melahirkan adalah akan datang saat dimana sapi akan mengalami keadaan yang menyebabkan kurangnya nafsu makan, ini umumnya mirip dengan spesies lain pada. Jika sapi Anda tampaknya tidak tertarik pada makanan yang biasa anda berikan maka anda perlu untuk memperhatikan dia, karena sapi muda mungkin akan segera hadir.

Perubahan Perilaku

Perubahan perilaku juga sering menandakan sapi yang siap untuk melahirkan. Ia mungkin tampak jauh lebih antisosial dari biasanya, misalnya saja ia mungkin akan menjauh dari kawanan dalam upaya untuk menemukan lokasi yang tenang. Ia mungkin juga gelisah, dan akan menunjukkannya dengan cara seperti biasanya ( benar-benar dapat menjadi pendiam ). Dia mungkin berbaring berulang kali, dan akan berdiri hanya satu menit.

Sakit Pada Perut

Sakit perut sering merupakan indikasi besar mendekati persalinan pada sapi. Sapi Anda mungkin akan mengungkapkan rasa sakit pada perutnya. Gejala-gejala ini terutama terjadi jika pada sapi - sapi betina muda yang belum pernah melahirkan sebelumnya.

Terdapat Tonjolan Pada Ambing

Sapi yang sedang mempersiapkan untuk melahirkan sering menunjukkan ambing yang menonjol. Proses ini sering terjadi pada minggu sebelum sapi melahirkan. Hal ini terjadi pada beberapa sapi, namun hal ini juga bisa terjadi dalam rentang satu hari sebelum proses akan melahirkan.

Tanda Akan Melahirkan pada Sapi berumur

Hal yang  tidak biasa pada sapi betina tua adalah ia akan menampilkan indikasi yang jelas. Jika sapi telah sering melalui proses melahirkan sebelumnya, Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang luar biasa. Dia mungkin akan tampak lebih waspada. Dia mungkin juga akan menempatkan tubuhnya dengan cara yang tidak lazim ketika berbaring.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Sejumlah petunjuk bahasa tubuh yang sering merujuk pada keadaan sapi yang siap untuk melahirkan. Jika sapi berdiri dengan punggung bulat dan ekor ditinggikan, dia mungkin telah siap melahirkan. Ekornya juga mungkin tampak lebih banyak bergerak dari biasanya, dan mungkin juga akan terus bergeser posisi.

Panjang Kehamilan pada Sapi

Kehamilan pada sapi biasanya berlangsung selama antara 279 dan 287 hari. Perhatikan sapi anda ketika hamil, jika keturunannya akan menghasilkan sapi  betina biasanya memiliki periode kehamilan yang lebih singkat dibandingkan hamil dengan keturunan jantan, meskipun perbedaannya tidak terlalu besar namun ini juga dapat menjadi salah satu tanda yang perlu di perhatikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel