Barang Sebagai Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Memperolehnya

Kita telah mengetahui bahwa dalam ilmu ekonomi terdapat penggolongan jenis barang. Pada posting kali ini kami akan membahas penggolongan barang atau / dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan pada ilmu ekonomi berdasarkan cara memperolehnya, Menurut Cara memperolehnya, barang dapat kita kelompokkan menjadi dua, yaitu barang ekonomi dan barang bebas. Berikut adalah penjelasan dari pengertian masing – masing tersebut.
Barang Cara Memperolehnya

Barang Ekonomi

Hampir seluruh barang yang kita jumpai  di dunia ini adalah termasuk ke dalam jenis barang ekonorni. Barang ekonomi ialah barang yang memiliki kegunaan sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya juga terbatas. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa jumlah manusia lebih banyak dari jumlah barang ekonomi tersebut atau jumlah barang lebih sedikit dari peminatnya sehingga untuk mendapatkan barang tersebut manusia memerlukan pengorbanan.
Misalnya saja jika seseorang ingin memperoleh makanan, pakaian, kendaraan dan perumahan maka manusia tersebut harus mau menukarnya dengan uang yang ia miliki. Akibatnya, jika seseorang tersebut tidak memiliki auan maka seseorang tersebut harus mendapatkan uang dengan cara – cara tertentu misalnya saja bekerja untuk memperoieh uang. Namun, setiap orang memiliki pengorbanan yang berbeda – beda dalam memperoleh barang tersebut, misalnya saja seorang pengamen akan lebih sulit membeli nasi bungkus dari pada seorang bos dar sebuah perusahaan.

Jika didiamkan semakin lama, biasanya jumlah dari barang dan jasa serta faktor-faktor produksi barang tersebut makin langka walaupun ada jenis barang tertentu yang semakin mudah untuk di dapat karena di temukan faktor produksi yang lebih efisien dan cepat.

Jika semakin langka suatu barang maka makin besar pula pengorbanan yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan barang tersebut. Misalnya saja dahulu penduduk desa ataupun kota akan dengan mudah dan bebas dapat memperoleh air bersih di daerahnya. Namun, dengan di kembangkannya permukiman dan wilayah industri yang mengakibatkan pasokan air berkuran seperti saat ini, penduduk kota harus lebih banyak mengeluarkan pengorbanan untuk memperoleh air bersih misalnya saja dengan membayar air tiap bulannya.

Barang Bebas

Barang bebas adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahuya tidak terbatas, ini mengakibatkan manusia tidak perlu melakukan pengorbanan untuk mendapatkan barang tersebut.  Barang Bebas telah tersedia di ala mini dengan jumlah yang sangat melimpah dan tentu saja manusia tersebut dapat langsung memperolehnya dengan cara yang sangat mudah.

Contoh dari barang bebas adalah udara dimana kita ketahui bahwa manusia dengan bebeas dapat menghirup udara tiap detiknya tanpa harus berkorban seperti membayar udara tersebut dari alam. Contoh selanjutnya dalah sinar matahari yang dapat di nikmati manusia.

Namun tidak selamanya barang bebas itu berlaku sebagai barang bebas. Suatu barang adakalanya dapat menjadi baran bebas namun pada saat yang lain dapat menjadi barang ekonomi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh suatu situasi dan kondisi tertentu pada suatu daerah. Misalnya saja air bagi masyarakat pedesaan merupakan barang bebas yang mereka dapat ambil semau mereka dan di gunakan semau mereka karena mereka dapat langsung mengambil air tersebut dari sungai, sumur dan sebagainya. Namun tidak demikian halnya dengan masyarakat kota, bagi masyarakat kota besar air termasuk kedam jenis barang ekonomi karena untuk memperolehnya seseorang di kota tersebut harus membeli dari perusahaan air minum. Dan dengan demikian mereka juga harus melakukan pengorbanan untuk mendapatkan air minum tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel