Cara Perkembangbiakan Hewan

Berkembangbiak adalah salah satu cara hewan untuk mempertahankan spesiesnya karena setiap mahluk hidup pasti akan mati. Proses ini akan berlangsung secara terus menerus sehingga cara reproduksi dan proses perkembangbiakan hewan dapat diamati.
cara berkembangbiak hewan
Seperti pengalaman kita pada umumnya, kita melihat hewan berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya saja ayam yang bertelur, bebek yang bertelur dan sapi yang melahirkan anaknya. Dimana kegiatan tersebut adalah untuk menghasilkan individu baru yang sejenis dengan induknya sehingga njenis dari hewan tersebut tidak punah. Dalam hal cara berkembangbiak,  hewan di bagi menjadi 3 jenis yaitu ada yang berkembangbiak dengan bertelur, ada yang beranak dan ada pula yang bertelur dan beranak.

Untuk lebih jelaskan berikut akan di uraikan tentang ketiga jenis yang telah di sebutkan diatas.

Perkembangbiakan Hewan Dengan Cara Bertelur atau Ovipar

Pada hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau yang sering juga di sebut dengan istilah ovivar, induk akan mengeluarkan “calon anak” yang di lapisi oleh cangkang dimana kita sering menyebutnya telur. Calon anak yang ada di dalam telur ini biasanya belum sempurna atau masih belum menjadi individu, sehingga dibutuhkan “tempat” yang aman untuk melanjutkan proses menjadi individu yang sempurna.

Berikutnya, Istilah Ovipar berasal dari kata ovum yang artinya telur. Sel telur dari hewan betina akan dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh hewan jantan. Pembuahan ini dapat terjadi di dalam tubuh hewan betina dan ada juga yang melakukan pembuahan di luar tubuh (eksternal). Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah Ayam, burung, ikan, dan serangga.

Pembuahan Di Dalam Tubuh

Pada hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur umumnya melakukan pembuahan dan proses pebuahan terjadi di dalam tubuh hewan betina. Proses ini biasanya terjadi dengan cepat namun juga tergantung jenis individunya. Ayam, bebek, dan merpati termasuk unggas yang berkembang biak dengan cara bertelur dan melakukan pembuahan di dalam tubuh.

Pembuahan Di Luar Tubuh

Pada beberapa hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur ada juga yang melakukan proses pembuahan yang terjadi di luar tubuh. Dimana sperma dan sel telur akan bertemu di luar dari tubuh kedua induknya. Biasanya cara perkembangbiakan ini terjadi pada hewan yang hidup di dalam air seperti ikan dan beberepa amphibi. Sperma dan sel telur mereka akan bertemu di dalam air sehingga akan terbentuk telur di air tersebut.

Perkembangbiakan hewan dengan cara Melahirkan atau Vivipar

Pada hewan yang berkembangbiak dengan cara ini, calon anak yang terbentuk dari pembuahan yang terjadi akan tetap berada di dalam tubuh sang induk betina. Anak dari hewan tersebut nantinya akan di keluarkan saat sudah menjadi individu sempurna. Proses pengeluaran anak tersebut dinamakan beranak atau melahirkan. Tidak seperti hewan yang berkembangbiak dengan bertelur, pada hewan yang melahirkan anaknya tidak di tutupi oleh cangkang telur.

 Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan adalah kucing, kambing, sapid dan simpanse. Selain itu ada juga hewan laut yang melahirkan contohnya adalah paus karena paus masih termasuk mamalia. Setiap jenis hewan mengalami masa kehamilan yang berbeda-beda. Setelah dilahirkan, induk bayi hewan tersebut akan menyusui anaknya.

Perkembangbiakan hewan dengan cara Bertelur-Melahirkan atau Ovovivivar

Pada hewan yang berkembangbiak dengan cara ini pembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah proses pembuahan tadi selesai maka di dalam tubuh hewan betina akan terbentuk telur. Zigot akan tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Proses ini biasanya dinamakan kehamilan.

Setelah embrio tadi tumbuh dengan sempurna di dalam telur, maka telur akan menetas di dalam tubuh sang induk lalu induk mengeluarkannya sebagai keturunan baru. Kadang-kadang, anak yang dikeluarkan masih terbungkus dalam cangkang telur. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan adalah ular, ikan hiu, dan kadal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel