Konsep - Konsep Geografi Menurut Ikatan Geograf indonesia ( IGI )

Setiap mata pelajaran pasti memiliki konsep – konsep yang akan di ajarkan, tidak terkecuali Geografi yang memiliki konsep – konsep tersendiri. Kali ini kami akan membahas konsep –konsep menurut IGI. Menurut IGI bahwa mempelajari atau memahami ilmu geografi sebaiknya menggunakan 10 konsep yang sederhana. Berikut adalah beberapa konsep dari IGI beserta penjelasannya.
Konsep Geografi

Konsep Lokasi

Kita pasti sependapat bahwa letak dari suatu rumah akan mempengaruhi harga dari rumah tersebut. Misalnya saja rumah yang sama persis akan memiliki harga yang berbeda saat ia berada di kota atau di desa. Ini saja sudah dapat menjelaskan bahwa lokasi amat sangat mempengaruhi dari nilai sesuatu yang ada di permukaan bumi. Contoh lainnya adalah bangunan yang berada di gunung dan berada di pantai akan memiliki harga yang berbeda, tergantung dari lokasi dari gunung atau pantai itu sendiri, selain itu rumah yang di bangun dengan mewah akan menurun nilai atau harganya jika daerah tempat berdirinya rumah tersebut rawan banjir atau tanah longsor.

Konsep Jarak

Pernahkah anda mengetahui bahwa harga semen di Jakarta dan di Lombok akan berbeda? Atau harga semen di Lombok dan di Papua akan berbeda? Apakah yang membuat ini berbeda. Dari pertanyaan tersebut kita mengetahui bahwa nilai barang akan bergantung dari jarak produsen dan konsumennya karena adanya penambahan biaya dalam perjalanan. Jadi, dapat di katakana bahwa jarak juga berpengaruh pada harga barang.

Konsep Keterjangkauan

Tidak hanya jarak yang akan membuat harga barang berubah, keterjangkauan juga mempengaruhi harga barang pada suatu daerah. Misalnya saja bila suatu daerah A memiliki jarak yang dekat namun harus melalui sungai yang hanya bisa di lalui motor dibandingkan daerah B yang memiliki jarak lebih jauh namun dapat di jangkau truk, maka ini juga akan mempengaruhi harga barang dan juga kelancaran dari perpindahan manusia. karena orang akan lebih memilih daerah B disbanding daerah A.

Konsep Pola

Pola adalah sesuatu hal yang berulang sehingga akan menampakkan suatu bentuk tertentu yang konsisten. Dengan pola tersebut kita dapat memberi nama sesuai dengan pola tersebut, ini akan mempermudah seseorang untuk mengerti apa yang ingin kita sampaikan dengan nama tersebut. Misalnya saja suatu daerah pemukiman yang memiliki pola memanjang di dareah perbukitan maka kita dapat menyebutnya pemukiman memanjang daerah perbukitan.

Konsep Morfologi

Morfologi dalam geografi adalah bentuk lahan yang berkaitan dengan erosi dan pengendapan, ketersediaan air dan juga penggunaan lahan. Dengan adanya konsep morfologi maka akan mempermudah seseorang dalam memperkirakan potensi dari suatu lahan. Misalriya saja ada orang yang membangun rumah di dekat pegunungan yang tanahnya miring, maka ia dapat memperkirakan bahwa di daerah tersebut lebih berpotensi terjadi longsor daripada di daerah lain.

Konsep Aglomerasi atau Mengelompok

Kita dapat melihat bahwa masyarakat biasanya akan hidup mengelompok, terutama jika daerah tersebut memiliki sebuah sumber tertentu yang dapat di manfaatkan jika seseorang tinggal atau hidup di daerah tersebut, misalnya saja pada pemukiman dekat pantai yang memanfaatkan laut sebagai sumber mata pencarian. Konsep ini juga telah di buktikan oleh para ahli geografi.

Konsep Nilai Guna

Kita telah mengetahui bahwa nilai dari suatu barang dapat di tentukan oleh jarak antara produsen dan konsumen, lokasinya dan juga keterjaungkauan daerahnya. Pada konsep nilai guna, nilai dari sesuatu inilah yang menjadi bahasan dan nilai tersebut di pengaruhi oleh factor-faktor tadi.

Konsep lnteraksi atau lnterdependensi

Konsep ini menyatakan bahwa sesuatu yang berada pada permukaan bumi akan berkaitan dengan objek lain dan tidak akan dapat berdiri sendiri. Contoh sederhanyanya adalah bahwa desa dan kota sebenarnya saling membutuhkan, dimana kota membutuhkan pasokan makanan dari desa dan desa membutuhkan pasokan obat-obatan serta barang elektronik dari kota.

Konsep Diferensiasi Areal

Konsep diferensiasi aeral adalah konsep yang memandang bahwa tidak ada suatu ruang di permukaan bumi ini yang benar-benar sama. Pasti suatu daerah memiliki perbedaan dengan daerah lainnya, entah itu kelebihan ataupun kekurangan.

Konsep Keterkaitan Ruang

Konsep ini memandang bahwa setiap kehidupan pada suatu daerah tidak akan terlepas dari daerah sekitarnya dengan cakupan yang cukup luas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel