Pemicu - Pemicu Terjadinya Alergi

Ada banyak manusia di dunia ini yang memiliki alergi dan penyebab - penyebab atau pemicu terjadinya alergi juga berbeda beda. Misalnya saja seseorang yang menjadi gatal –gatal saat memakan makanan tertentu atau seseorang yang alergi terhadap debu dan lain sebagainya.

Bahan bahan yang dapat memicu alergi disebut alergen. Menurut ilmu imunologi, alergen yaitu senyawa yang dapat menginduksi IgE ( imunoglobulin E ) melalui proses inhalasi ( dihirup ), ingesti ( menelan ), kontak, ataupun injeksi.
Pemicu Alergi

Penyebab atau Pemicu Alergi Pada Seseorang

Respon dari tubuh seseorang terhadap alergen terjadi melalui proses yang sangat kompleks dan dipengaruhi oleh beberapa factor seperti sifat inang, sifat fisik dari alergen dan juga lingkungan. Sebagian besar dari alergen tersebut merupakan protein yang mampu merangsang respon imun pada tubuh melalui reaksi enzimatik atau dapat mengaktifkan reseptor pada sel epithelium mukosa secara langsung. Adapun beberapa penyebab alergi adalah sebagai berikut :

Aeroallergen ( Alergen Di Udara )

Aeroalergen atau alergen yang berada di udara adalah penyebab alergi pada manusia yang tersebar bebas di udara dan dapat bersumber dari berbagai macam sumber. Aeroallergen dapat di bedakan menjadi dua yaitu aeroallergen outdoor dan indoor.  Aeroallergen outdor adalah allergen yang berada pada udara di luar ruangan dan aeroallergen indoor adalah allergen pada udaya yang berada di dalam ruangan.
Contoh aeroallergen di luar ruangan adalah serbuk sari dari bunga, dimana kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari yang menyebabkan hidung seseorang menjadi gatal dan bersin-bersin.

Berikutnya adalah aeroallergen yang berada di dalam ruangan dimana allergen ini sangat sering dijumpai karena seseorang sering menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Yang sudah banyak diteliti dari aeroallergen di dalam ruangan adalah house dust mites (HDM), alergen dari binatang peliharaan dan juga dari kecoa, biasanya ini berhubungan dengan penyakit asma seseorang.

Alergen Pada Makanan dan Obat-obatan

Ketika makanan dan obat-obatan dicerna oleh seseorang, alergen mungkin akan dapat masuk kedalam aliran darah melalui pencernaan, dan alergen tersebut akan melekat pada IgE tertentu pada sel-sel di tempat-tempat yang jauh seperti pada kulit atau selaput pada hidung.

Kemampuan dari alergen ini untuk dapat berpergian menerangkan bagaimana gejala-gejala alergi dapat terjadi pada area-area yang berlainan dari saluran pencernaan. Reaksi-reaksi alergi pada makanan dapat di mulai dengan adanya pembengkakan pada lidah atau tenggorokan dan juga diikuti oleh rasa kesemutan (tingling), mual, diare, atau kram pada perut. Kesulitan bernapas atau reaksi-reaksi pada kulit mungkin juga dapat terjadi.

Alergen Lateks

Alergen  lateks yaitu istilah medis yang digunakan pada berbagai reaksi alergi  terhadap protein yang ada pada karet alam(lateks) . Alergi Lateks ini umumnya berkembang setelah beberapa kali seseorang menggunakan produk yang mengandung lateks. Ketika lateks bersentuhan atau melakukan kontak dengan membran mukosa, membrane tersebut dapat menyerap protein pada lateks. Sistem kekebalan tubuh dari beberapa orang yang rentan akan menghasilkan antibodi yang bereaksi imunologis pada saat bertemu dengan protein antigenik.

Benda-benda yang terbuat dari lateks contohnya antara lain adalah karet gelang , sarung tangan karet, sol sepatu, botol bayi, dan balon. Ada banyak rute yang dapat memicu reaksi seseorang terhadap lateks. Orang yang memiliki  alergi terhadap lateks juga biasanya memiliki alergi terhadap beberapa buah-buahan. Alergi oleh karet lateks sering juga ditemukan pada pekerja industri karet dan seseorang yang pernah menjalani operasi di saat bayi.

Alergen Yang Disuntikan

Reaksi dari alergen tersebut paling berat dapat terjadi ketika alergen tadi disuntikan kedalam tubuh seseorang sehingga alergen ini akan langsung masuk kedalam aliran darah dari seseorang tersebut.  Reaksi umum yang bisasnya terjadi saat alergen di suntikkan adalah anaphylaxis, ini dapat membahayakan nyawa seseorang. alergen yang paling umum disuntikan adalah ketika obat-obatan itu adalah zat yang dapat menyebabkan rekasi-rekasi alergi pada seseorang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel