Pengertian Abses Gigi Beserta Gejala, Pengobatan dan Penyebabnya

Mungkin anda penah bermasalah dengan gigi anda atau area di sekirat gigi anda yang menyebabkan anda sakit gigi namun anda belum mengetahui penyebabnya. Kemungkinan ini adalah gejala abses gigi yang perlu mendapatkan penanganan yang lebih. Untuk lebih jelasnya berikut kami menuliskan pengertian, gejala-gejala yang menyebabkan, cara pengobatan dan penyebab abses gigi tersebut.
 Abses Gigi Beserta Gejala

Pengertian Abses Gigi

Abses Gigi adalah suatu keadaan yang dapat ditemukan pada gigi seseorang dimana gigi tersebut mendapatkan infeksi dari bakteri yang menyebabkan jaringan di gusi seseorang tersebut menjadi rusak sehingga terbentuk pus pada gigi berlubang. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan seseorang merasakan sakit gigi yang berat, pembengkakan pada area gusi atau bahkan menjadi demam.

Jika seseorang memiliki ini, disarankan agar segera pergi kedokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Jika penyakit ini tidak segera diobati, kondisi penyakit ini akan cenderung semakin memburuk dan dapat pada kondisi parah dapat menyebabkan seseorang menjadi kehilangan gigi pada area yang terkena abses gigi tersebut. Seseorang yang terkena abses gigi jarang mendapatkan komplikasi. Meskipun demikian, penyakit abses gigi ini tergolong dalam penyakit yang serius dan dapat mengancam jiwa seseorang.

Gejala utama dari abses gigi ini adalah, sakit berdenyut yang parah. Rasa sakit ini biasanya datang secara tiba-tiba, dan keadaan ini akan secara bertahap memburuk selama beberapa jam kedepan bahkan beberapa hari kedepan hingga nantinya akan menyebabkan gigi seseorang menjadi lembut dan sensitif.

Gejala Abses Gigi

Gejala utama dari penyakit abses gigi yaitu adanya rasa sakit yang berdenyut secara intens di area gigi atau gusi seseorang. Seperti yang telah di katakana sebelumnya bahwa rasa sakit pada gigi seseorang tersebut biasanya datang secara tiba-tiba dan juga secara bertahap dapat menjadi memburuk jika seseorang tersebut tidak segera mendapatkan perawatan dari ahlinya.
Selain rasa sakit tersebut, ada juga tanda seperti nanah yang muncul pada area sekitar gigi seseorang. Kadang-kadang rasa sakit ini dapat juga menjalar ke telinga seseorang, selanjutnya rahang bawah dan juga leher pada sisi yang sama dengan gigi yang terkena penyakit abses gigi tersebut. Ada juga yang dapat menyebabkan pembengkakan parah pada wajah seseorang. Penyakit ini juga dapat menyebar jika tidak diobati.

Tanda dan gejala abses gigi lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Gigi menjadi Sensitif terhadap suhu panas dan dingin
  2. Gigi menjadi Sensitif terhadap tekanan, seperti misalnya mengunyah atau menggigit
  3. Demam
  4. Terjadi pembengkakan pada wajah atau pipi seseorang
  5. Perih pada bagian gigi
  6. Pembengkakan di kelenjar getah bening pada bagian bawah rahang atau di leher 
  7. Adanya cairan yang berasa dan berbau busuk dalam mulut 
  8. Terhentinya rasa sakit jika abses pecah

Pengobatan dan Perawatan Penderita Abses Gigi

Jika seseorang terindikasi terkena penyakit abses gigi ini maka segeralah untuk mendatangi dokter gigi atau ahlinya. Pertama-tama seorang dokter gigi biasanya akan mulai untuk menguras nanah yang ada di sekitar gigi jika seseorang tersebut memiliki nanah di sekitar giginya, hal ini adalah perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan gejala dari penyakit tersebut.
Proses pengurasan ini dilakukan dengan lancing abses atau dengan cara pengeboran lubang kecil di gigi untuk membiarkan nanah keluar. Kadang-kadang jika infeksi, akan diresepkan obat antibiotik beberapa hari setelah menguras nanah tadi. Proses ini bertujuan untuk membersihkan infeksi yang tersisa. Namun, dalam banyak kasus antibiotik sangat jarang diperlukan.

Jika ada keterlambatan seorang dokter gigi dating ke tempat pasien, dokter atau perawat biasanya akan memberikan antibiotik. Tujuannya adalah agar mencegah kemungkinan abses semakin memburuk atau menyebar. Namun, obat antibiotik tidak akan menghilangkan nanah pada gigi pasien dan juga tidak dapat menyembuhkan abses. Penderita penyakit ini biasanya masih perlu untuk mengunjungi dokter gigi untuk benar-benar membersihkan abses giginya.

Dalam mengobati abses gigi mungkin perlu adanya obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen  atau parasetamol sampai abses dapat dikeringkan dan diperlakukan. Parasetamol dan ibuprofen dapat di konsumsi oleh pasien secara bersamaan jika nyeri tidak kunjung reda. Namun, pada beberapa orang mungkin juga membutuhkan obat penghilang rasa sakit yang kuat dimana ini harus dengan resep dokter.
Ketika area abses dalam proses penyembuhan, dokter gigi juga biasanya merekomendasikan untuk membilas mulut dengan air garam hangat dan menggunakan obat penghilang rasa sakit non-resep.

Penyebab Abses Gigi

Penyebab utama seseorang terkena penyakit Abses gigi adalah ketika bakteri menginfeksi dan menyebar di dalam gigi, gusi atau jaringan disekitarnya.

Ada banyak bakteri yang hidup dalam mulut kita. Bakteri yang terdapat dalam mulut kita akan bergabung dengan sisa-sisa makanan yang telah kita makan sehingga terbentuk plak gigi. Bakteri yang berada pada plak akan mengubah karbohidrat menjadi energi yang mereka gunakan untuk mereproduksi zat asam. Zat asam ini yang nantinya menyebabkan kerusakan pada gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel