Pengertian Monopoli Beserta Macam – Macamnya

Keberadaan dari sebuah pasar monopoli banyak dihidari oleh bebrapa Negara di dunia karena sistem monopoli pasar ini memiliki dampak yang sangat merugikan bagi sebuah Negara, namun ada juga yang menerapkan monopoli jika ini dianggap menguntungkan bagi sebuah negara. Agar kita dapat memahami apa itu arti dari pasar monopoli beserta macam-macamnya maka kami telah menuliskannya dalam posting berikut ini.
Monopoli Beserta Macam – Macamnya

Pengertian Monopoli

Monopoli atau monopoli pasar adalah keadaan dimana suatu pasar dikuasai sepenuhnya oleh penjual. Penjual ini memiliki kekuasaan yang mampu untuk memaksakan kemauannya  baik dalam bentuk volume barang , harga barang, waktu penjualan, maupun tempat pembelian barang yang akan di jualnya. Hampir dapat di katakan dalam system pasar monopoli kedaulatan pasar sepenuhnya berada di tangan penjual. Penjual juga memiliki kewenangan untuk menentukan tingkat harga barang, beberapa banyak jumlah barang yang ia jual kepada konsumennya, kapan barang akan di lepas ke pasaran atau barang dipasarkan dan tempat barang itu akan di jual beresta cara- cara penjualannya.

Macam – Macam Monopoli

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui pengertian dari monopoli itu sendiri. Pada monopoli pasar kita dapat bedakan menjadi beberapa jenis yaitu  sebagai berikut ini.

Monopoli Alami

Monopoli alami adalah kegiatan monopoli yang di timbulkan oleh adanya faktor alam. Alam di suatu daerah dapat memberikan kemungkinan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, yaitu sumber alami dari suatu barang atau produk atau jasa yang di hasilkan khusus di daerah tersebut dan tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Jadi, alam memungkinkan suatu jenis barang dapat di hasilkan suatu daerah dan daerah lain tidak dapat menghasilkan barang tersebut. Misalnya saja pada zaman prakemerdekaan tembakau deli menguasai atau memonopoli pasar dunia untuk jenis tembakau Virginia yang di gunakan sebagai bahan pembuatan cerutu.

Manopoli alam lain misalnya adalah wilayah turis ( wilayah pariwisata yang sering di kunjungi turis dalam negeri atau mancanegara ) dengan kekhususannya yang tidak dapat di tandingi oleh wilayah lain. Misalnya saja pulau bali yang dapat memonopoli turis untuk dating kesana sehingga turis tidak lagi berminat untuk mengunjungi daerah lainnya. Selain itu contohnya adalah Goole sebagai perusahaan mesin pencari terbesar mampu untuk memonopoli seluruh kegiatan pencarian di internet.

Monopoli Undang – Undang

Monopoli undang –undang adalah monopoli yang di timbulkan oleh adanya undang –undang yang menjamin sebuah perusahaan untuk dapat menguasai semua produk, barang, jasa dan penjualannya kepada pembeli. Misalnya saja monopoli oleh PT KAI, dan PT PLN dalam penjualannya pada pembeli. PT Kereta Api Indonesia memonopoli eksploitasi semua angkutan kereta api. PT PLN mampu memonopoli pengadaan serta  memonopoli penjualan listrik kepada konsumen di dalam negeri. Kesemuanya itu adalah beberapa contoh dari monopoli yang di timbulkan dengan mendapat jaminan dari undang – undang oleh pemerintah kepada sebuah perusahaan untuk menjalankan proses penjualannya.

Monopoli Keuangan

Monopoli keuangan adalah monopoli yang di timbulkan oleh kekuatan keuangan suatu perusahaan terhadap perusahaan lainnya sehingga perusahaan ini mampu untuk membeli dan untuk menjual segala barang yang di butuhkan oleh masyarakat di suatu daerah atau Negara tertentu. Monopoli ini dalam versi modern juga biasanya di pegang oleh perusaan konglomerasi. Kegiatan memonopoli seperti ini di pegang oleh perusahaan konglomerasi yang memiliki cabang di hampir seluruh pelosok wilayah atau di hamper seluruh suatu Negara, perusahaan ini juga bahkan dapat melakukan operasi kegiatan perusahaannya di luar negeri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel