Platypus dan Kehidupannya

Platypus (Ornithorhynchus anatinus) adalah hewan Australia yang unik. Kakinya memiliki selaput seperti kaki angsa dan berukuran besar, dengan moncong yang menyerupai bebeknya adalah hal yang sangat istimewa dibandingkan mamalia yang lainnya. Bahkan kerangka tubuh platypus berbeda dari kebanyakan mamalia yang kita ketahui. Platypus memiliki tulang ekstra pada bagian bahunya, termasuk interclavicle, yang tidak ditemukan pada mamalia lain. Hewan ini juga menyerupai reptil dengan kaki yang berada di sisi tubuh, bukan di bawahnya.
Platypus (Ornithorhynchus anatinus)
Platipus mudah diidentifikasi karena mereka memiliki tubuh yang ramping, postur tubuh rendah, kaki berselaput, ekor luas, dan karakteristik moncong. Mereka memiliki aksi renang yang halus dan memiliki telinga yang tidak terlihat dan ini membedakan mereka dari mamalia Australia lainnya.

Platypus menggunakan ekornya sebagai alat penggerak saat berenang dan juga sebagai tempat penyimpanan cadangan lemak yang akan digunakan di musim dingin. Moncong pada hewan ini tidak seperti paruh burung (di mana kedua bagian atas dan bawah dari paruh terpisah untuk mengungkapkan mulut), moncong dari platypus adalah organ sensorik dengan mulut di bagian bawah. moncong juga sangat sensitif terhadap sentuhan yang sangat berguna karena platypus menutup mata dan telinganya saat berada di bawah air.

Ekor datar platypus ditutupi oleh bulu coklat yang memerangkap lapisan udara untuk menjaga agar hewan ini tetap hangat. Bulu terdiri dari dua lapisan, lapisan luar yang tidak memungkinkan air untuk menembus ke lapisan dalam.

Platypus muda memiliki tiga geraham yang akan hilang sebelum atau sesaat setelah meninggalkan lubang mereka. Namun ketika dewasa ia tidak memiliki gigi karena geraham tadi akan rontok. Seperti halnya semua mamalia, tulang-tulang kecil yang berada di telinga tengah sepenuhnya dimasukkan ke dalam tengkorak. Namun, pembukaan eksternal telinga masih terletak di dasar rahang, seperti hewan pra-mamalia.

Monotremata memiliki suhu tubuh lebih rendah dari mamalia lainnya. Spesies ini masih endotermik, menjaga suhu rendah tubuhnya, bahkan saat ia sedang mencari makan selama berjam-jam di dalam air di bawah 40 ° F. Platypus memiliki suhu tubuh rata-rata 88-90 ° F, khas mamalia plasenta. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dikarenakan adaptasi bertahap terhadap kondisi lingkungan yang keras. Di penangkaran, umur platipus bertahan sampai tujuh belas tahun.

Pesebaran dan Habitat Platypus

Platypus tersebar luas di Australia timur, mulai dari dataran rendah tropis ke daerah sub-alpine. Di Tasmania platypus umumnya ditemukan di danau Dataran Tinggi Tengah (bahkan di danau lebih 914 m di atas permukaan laut), dan di sungai-sungai dan sungai di selatan, barat daya dan pantai barat laut. Platipus adalah perenang yang kuat, namun mereka tidak cepat dan lebih lambat dari sungai yang mengalir.

Platipus hidup di lubang yang mereka gali di tepi sungai air tawar, danau atau sungai. Lubang lurus ini biasanya sepanjang 4,5 hingga 9 m, penampangnya berbentuk oval dan dibangun tepat di atas garis air, sering dikaburkan oleh vegetasi. Kisaran teritorial mereka mungkin hingga 4,5 mil.

Tingkah laku

Platypus umumnya dianggap sebagai hewan malam hari, tetapi individu ini juga aktif di siang hari, terutama ketika langit mendung. Platipus adalah hewan soliter yang hanya datang bersama-sama untuk kawin, namun beberapa individu dapat ditemukan hidup berdekatan. Mereka malu dan waspada, biasanya berkeliaran hanya di pagi hari dan malam.

Di beberapa daerah platypus menghabiskan banyak waktu di dalam air, melintasi tanah atau bendungan dan bahkan mencari makanan seperti cacing di padang yang tergenang air.

Mereka menyelam antara 20-40 detik selama mencari makan. Mereka akan kembali ke permukaan hanya 10 detik di antara penyelaman dan dapat melakukan sekitar 80 kali menyelam per jam. Meskipun keempat kaki dari platipus berselaput, kaki belakang tidak membantu dalam propulsi, tetapi digunakan untuk kemudi yang di kombinasikan dengan ekor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel