Cara Agar Mengetahui Email Anda Sudah Di Baca Atau Belum

Pada saat sekarang ini banyak aplikasi pesan yang semakin canggih, diantaranya adalah fitur dimana anda dapat mengetahui apakah pesan anda sudah terkirim atau tidak. Email, sebagai salah satu cara berkirim pesan yang lebih tua dari aplikasi tersebut belum memiliki kemampuan ini. Namun, kita dapat mengetahui apakah email anda telah di baca atau belum dengan memanfaatkan Google Analytics.
Mengetahui Email Anda Sudah Di Baca Atau Belum
Anda pasti sudah mengetahui bahwa Google Analytics adalah sebuah layanan dari googla yang digunakan untuk melacak kunjungan ke halaman web dan aplikasi mobile. Namun, anda kini dapat memanfaatkannya untuk menganalisis pesan anda telah di buka ( dalam hal ini seperti website anda telah di kunjungi ) sehingga anda dapat menggunakannya sebagai indikator sudah terbacanya email anda. Anda dapat menambahkan kode pelacakan Google Analytics pada pesan Gmail Anda dan Anda akan langsung tahu apakah pesan email Anda telah dilihat atau dibuka oleh penerima.

Proses ini sama seperti mendapatkan tanda terima bahwa emai anda telah di baca, namun ini tidak secara otomatis. Anda harus melihatnya pada akun Google Analytics Anda.

Cara Tahu Kapan Orang Membuka Pesan Email Anda dengan Google Analytics

Ide dari proses ini sebeenarnya sederhana, kita akan mengirimkan pesan dengan kode analytics. Ketika si penerima pesan membuka pesan anda makan google analytics akan memcatat ini sebagai “mengunjungi” dimana layanan tersebut juga mendukung laporan secara real time maka kita dapat dengan cepat mengetahuinya.

Berikut adalah bagaimana cara Anda agar dapat menambahkan kode pelacakan ke pesan Gmail Anda Analytics:

  1. Masuk ke akun Gmail Anda dan kita akan membuat draf pesan baru. Tentukan penerima, subjek dan ini dari email anda. Anda juga bisa memasukkan lampiran / attachment dan gambar dalam pesan Anda. Setelah draft pesan siap, biarkan dulu semantara kita menyiapkan kode analytics kita.
  2. Buka aplikasi email tracker  dan klik “continue” untuk melakukan authorisasi. Hal ini diperlukan untuk dapat mengirimkan email dengan menyertakan kode Google Analytics.
  3. Berikutnya, Pilih ID Google Analytics Anda dari menu drop-down, selanjutnya pilih rancangan Gmail dari menu drop-down dan tekan tombol Send Email. Email Anda sekarang akan dikirimkan ke penerima . ID Google Analytics anda adalah UA-xxxx-yy dan Anda dapat dengan mudah menemukan ID ini pada Dashboard ( Admin > Properties Settings  > Track ID ). Proses ini akan menjadi mudah jika Anda membuat properti yang terpisah dari web anda dan ID ini khusus untuk melacak pesan Gmail.
  4. Ketika penerima telah membuka pesan email Anda, anda akan dapat melihat laporan pada Google Analytics Anda.

Melacak Yang Membuka Email dengan Google Analytics

Berikut adalah bagaimana cara Anda agar dapat melacak aktivitas email yang terbuka dalam laporan Analytics Anda.

Buka Google Analytics dan pilih Events. Di sana Anda akan dapat melihat peristiwa baru dengan kategori “Email Open” sebagai tanda bahwa orang telah membuka pesan Gmail Anda. Anda dapat mengklik kategori untuk melihat alamat email penerima yang telah melihat email Anda dan juga baris subjek pesan bahwa mereka baru saja membacanya.

Kelemahan

Pada proses ini memiliki kelemahan yaitu saat penerima menonaktifkan javascriptnya, sehingga tidak ada data yang masuk kedalam analytics anda. Selain itu software pemblokir juga dapat menjadi penghambat dari proses ini.

Sekian tips dari kami, jika anda memiliki pertanyaan maka jangan sungkan mengomentari kami, dan jika memerlukan bantuan lain silahkan hubungi kami di fanspage.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel