Cara Menambahkan Speech Recognition Pada Website

Kita saat ini sedang berada pada zaman yang sedang berkambang cepat, dan saat ini ada teknologi yang bernama Speech Recognition. Sebenarnaya teknologi ini sudah lama di kembangkan pada PC namun masih baru bagi teknologi website.


Salah satu website yang telah menggunakan speech recognition adalah Google, saat anda membuka situs Google pada komputer, laptop atau gadget canggih anda maka anda akan menemukan ikon kecil berbentuk mikrofon yang berada pada kotak pencarian Google. Saat anda meng-klik ikon tersebut maka ada instruksi untuk mengatakan sesuatu, lalu kata – kata anda tadi akan cepat di ubah atau di transkrip menjadi kata – kata dalam bentuk tulisan. Tidak seperti produk speech recognition sebelumnya, Anda tidak perlu lagi untuk melatihnya agar memahami semua perkataan anda. Teknologi ini sudah pasti sangat berguna bagi seseorang yang tidak dapat mengetik karena berbicara pada pc atau gadget anda akan terasa lebih mudah dari pada harus mengetiknya.

Teknologi yang sangat berguna diamana ia dapat mengkonversi suara menjadi tulisan ini kini dapat anda gunakan pada website anda hanya dengan menambahkan beberapa baris kode pada website anda sehingga pengunjung website anda akan merasa di permudah. Pengunjung website anda dapat melakukan pencarian dengan menggunakan kata-kata pada situs web anda atau bahkan dapat mengisi formulir hanya menggunakan suara mereka sehingga itu seperti pertanyaan biasa. Kini sudah banyak browser yang mendukung teknologi ni, contohnya adalah browser Google Chrome dan Firefox yang sudah mendukung pengenalan suara ini.

Seperti yang kami katakana bahwa menambahkan teknologi ini pada website anda dapat di lakukan dengan menambahkan sedikit kode karena kita menggunakan API ( Application Programming Interface ) dari google. Ini akan menghemat waktu anda beberapa tahun untuk menambahkan program ini pada website anda.

Anda mungkin pernah melihat halaman utama dari google berikut ini pada computer atau gadget anda, lalu anda dapat mengkliknya dan mengatakan kata kunci pencarian anda. Anda mungkin harus memiliki perangkat mikrofon yang dapat di akses melalui browser sehingga kata-kata anda dapat tersampaikan. Ketika Anda selesai berbicara, halaman hasil pencarian akan terbuka secara otomatis.

Menambahkan Voice Recognition ke Website

HTML5 Web Speech API telah di sediakan butuh sedikit usaha yang lebih untuk dapat memasukkannya ke dalam website Anda.

Pada API sebelumnya, Anda dapat menambahkan atribut “x-webkit-speech” untuk setiap input yang nantinya dapat di gunakan untuk memproses suara. Kini atribut” x-webkit-speech” telah tidak dapat di gunakan lagi dan kini anda dapat menggunakan API berbentuk Javascript untuk memasukkan teknologi ini pada website anda. Berikut kode yang di gunakan:


CSS tersebut berguna untuk menempatkan icon microphone pada kotak input, kode ini memiliki input yang akan dip roses oleh penyedia API dan merekalah yang akan melakukan pekerjaan berat ini.
Ketika pengguna mengklik gambar microphone dalam kotak pencarian pada website anda, JavaScript akan memeriksa apakah browser pengguna mendukung pengenalan suara atau tidak. Jika browser pengguna mendukungnya, maka suara akan di transkrip dari server penyedia API kemudian akan mengisi hasilnya pada input form tersebut.

Aplikasi pendikte contohnya dapat di temukan pada :

https://www.google.com/intl/en/chrome/demos/speech.html

juga menggunakan pengenalan suara dengan menggunakan API ini, lalu mereka akan memasukkannya ke dalam textarea dan bukan pada input dengan type text.

Catatan:

Jika HTML input berada pada situs yang terenkripsi ( HTTPS), browser pengguna tidak akan berulang kali meminta izin untuk menggunakan mikrofon.

Anda dapat mengubah properti pada api tersebut dengan menggunakan bahasa yang anda inginkan dengan bahasa yang anda inginkan, namun ada beberapa daftar bahasa yang di dukung ( tidak semua bahasa di dunia ). Anda dapat nebgganti 'en-US' ke bahasa lain (seperti fr-FR untuk Fran├žais).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel