Cara Menggunakan Mail Merge Di Gmail

Anda tentu sudah tahu tentang mail merge, yaitu fasilitas yang dapat anda gunakan untuk mengirim surat pada beberapa orang tanpa mengubah seluruh isi surat tersebut. Aplikasi ini sudah ada sejak lama di komputer kita dan ini di gunakan untuk mengirim surat yang di cetak.
Mail Merge Di Gmail
Namun, pada saat sekarang dimana email sudah berkembang dengan pesat, kita perlu memikirkan cara untuk mengirm email ke banyak orang sekaligus dengan hanya mengubah nama atau / dan alamatnya saja tanpa perlu mengcopy paste surat tersebut. Kita hanya perlu memiliki daftar penerima dan kerangka email lalu email kita akan terkirim tanpa harus mengirimnya ratusan kali karena pasti itu adalah pekerjaan yang melelahkan dan membosankan.

Pada referensi kali ini kami akan mengajarkan kepada anda bagaimana mengirim email dengan fasilitas seperti mail merge melalui email dari google atau yang sering kita sebut dengan GMAIL. Ini sangat berguna seperti untuk mengundang seseorang agar orang tersebut merasa penting karena hanya terdapat namanya dalam email yang kita kirim secara missal tersebut.

Langkah – Langkah Mail Merge Pada Email

Sebelum membuat mail merge tersebut ada syarat yang harus anda penuhi yakni harus menggunakan browser Google Chrome karena kita akan menggunakan Add-ons dari browser tersebut. Dalam membuat mail merge pada Gmail adaoun proses yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Pertama – tama anda harus menginstal add-on Mail merge pada browser, anda dapat menemukannya pada halaman mereka di link ini (https://chrome.google.com/webstore/detail/mail-merge-with-attachmen/nifmcbjailaccmombpjjpijjbfoicppp )
  2. Addons tersebut akan membuat halaman google spreadsheet baru ( mirip dengan Microsoft Excel ). Lalu pilih menu “Mail Merge with Attachments” dan kemudian klik “Create Merge Tempalte”
  3. Berikutnya buka kontak google anda atau “Google Contact” dan buat grup baru yang akan anda kirimi email nantinya. Anda juga dapat menambahkan nama, alamat email dan sebagainya pada mail merge tersebut.
  4. Pada menu mail merge pilih “Import Google Contacts” dan pilih grup yang telah kita buat tadi lalu tunggu kontak tadi akan otomatis terisi. Alternative lainnya adalah anda dapat mengetik alamat – alamat email tersebut pada addons secara manual jika tidak memiliki kontak pada gmail anda.
  5. Selanjutnya kembali ke email anda dan buat “draft email message” baru yang nantinya di gunakan sebagai template atau isi dari email anda tersebut. Jika anda menginginkan bentuk email yang berbeda anda dapat mencoba menggunakan HTML Mail tool untuk mempercantik email anda.
  6. Jika anda akan menggunakan attachment, katakanlah file ber ekstensi doc maka anda perlu menguploadnya terlebih dahulu di akun google drive anda. Setelah itu masukkan link dari file tadi pada “File Attachments”. Ini akan membuat attachment anda secara otomatis berisi konten yang anda upload tadi.
  7. Sebelum anda mengirim email tersebut ada baiknya anda mengujicob adahulu, dan ingat yang akan di gantikan pada tempelate tersebut manggunakan tanda {{ sebagai pembuka dan }} sebagai penutup. Contohnya saja {{ nama }} , variabel ini akan di gantikan dengan isi dari kolom nama.
  8. Terakhir adalah dengan mengirimnya, pilih menu “Configure Mail Merge” lalu kirim dan selesai sudah tugas kita mengirim email ke banyak orang dengan dasilitas mail merge pada email.

Batasan

Pada pengiriman email secara masa ini kita memiliki batasan yakni sesuai dengan batas jumlah pengiriman email dari akun google anda yakni hanya ke 50 orang saja, dan ini dapat berkurang jika anda mengirim file attachment dengan ukuran yang besar. Lalu bagaimana cara anda menaikkan jumlah maksimal ini? Cara yang di gunakan adalah membuat akun google anda menjadi premium dengan cara mendaftar google app for work. Sekian cara ini kami berikan agar anda dapat dengan mudah menggunakannya. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada form komentar dan jika anda perlu bantuan lebih lanjut silahkan menuju ke fanspage kami yang tertera pada blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel