Contoh Hewan Ovipar Beserta Keterangannya

Kita telah mengetahui bahwa hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Proses perkembangbiakan hewan ini di awali dengan perkawinan antara induk jantan dan betina sehingga terjadi pembuahan pada tubuh unduk betina. Setelah itu induk betina akan menghasilkan telur di dalam tubuhnya lalu telur inilah yang nantinya akan mengeluarkan keturunannaya.

Hewan Ovivar
Dai dalam telur, calon anak akan memperoleh makanannya dari salah satu bagian dari telur tersebut. Bagian tersebut dapat member makan calon anak karena memiliki kandungan protein yang tinggi, biasanya ia berwarna kuning pada telur tersebut atau sering juga di sebut kuning telur.

Hewan Yang Berkembangbiak Dengan Ovipar / Bertelur

Ada banyak hewan yang termasuk ke dalam hewan yang berkembang biak dengan ovipar, berikut kami akan sebutkan beberapa daftar hewan tersebut :

Ayam

Hewan yang satu ini pasti sudah sangat sering kita lihat karena hewan ini adalah salah satu hewan yang sangat favorit untuk di pelihara. Ayam termasuk ke dalam hewan ovivar karena ayam menghasilkan telur yang akan meghasilkan anak ayam. Setelah ayam bertelur, ia akan mengerami telurnya selama 21 hari sebelum akhirnya telur tersebut menetas. Waktu tersebut tergolong cepat dibandingkan unggas lainnya.

Bebek

Bebek adalah hewan yang masih kerabat dengan ayam, hewan ini biasanya senang di daerah yang berair. Karena sering hidup di air maka kaki bebek beradaptasi dengan cara mempunyai selaput di kakinya untuk membantu ia dalam berenang. Kita juga telah tahu bahwa hewan yang satu ini bertelur dan mengerami telurnya dan sudah tentu ia termasuk ke dalam hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur.

Burung

Hewan yang dapat terbang ini mampu mengasilkan keturunan dengan cara bertelur juga. Ada banyak jenis burung dan cara mereka memelihara telur merekapun berbeda-beda. Ada yang menaruh telurnya di atas pohon dengan cara membuat sangkar disana dan ada juga yang menyimpan telurnya di tanah. Sebelum bertelur biasanya burung akan mulai sibuk mengumpulkan bahan – bahan untuk membuat sangkarnya seperi rerumputan, daun-daunan dan sebagainya sehingga saat ia bertelur akan tersedia tempat yang nyaman bagi calon anaknya nanti.

Ikan

Kita ketahui bahwa ikan adalah salah satu hewan yang dapat hidup dengan bebas di air karena ikan memiliki insang yang ia gunakan sebagai alat pernafasan di dalam air. Dengan begitu ia akan dapat tetap hidup, selanjutnya ikan pasti juga akan berkembang biak. Proses perkembangbiakan ikan di lakukan di dalam air. Saat bertelur, jumlah telur ikan sangat banyak namun tidak semua anak yang di hasilkan oleh ikan tersebut akan mencapai dewasa karena banyak ancaman dari predator saat di habitat aslinya.

Katak

Katak adalah salah satu hewan amphibi dimana ia dapat hidup di dua tempat yaitu air dan darat. Namun, Proses perkawinan katak biasanya terjadi di dalam air dan pembuahan terjadi di dalam air dan akan menghasilkan telur pada air tersebut. Oleh karena itu katak juga termasuk ke dalam hewan ovivar karena katak berkembang biak dengan cara bertelur walaupun telur tersebut tidak di hasilkan dari tubuh induk betina melainkan di hasilkan di dalam air.

Penyu / Kura-kura

Kura –kura juga termasuk hewan yang dapat hidup di air dan didarat, dimana ciri yang khas dari hewan ini adalah tubuhnya di lindungi oleh cangkang. Hewan ini juga termasuk ke dalam hewan ovipar karena ia berkembangbiak dengan cara bertelur. Saat hewan ini bertelur, biasanya ia akan menaruhnya di dalam pasir dan jumlahnya biasanya cukup banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel