Contoh Hewan Ovovivipar Dalam Ilmu Biologi

Bergerak adalah salah satu ciri mahluk hidup, selain itu untuk menentukan apakah sesuatu itu mahluk hidup atau bukan adalah mengamati apakah mahluk hidup tersebut berkembangbiak. Contohnya bebek berkembangbiak dengan cara bertelur.

Contoh Hewan Ovovivipa

Ovovivivar adalah salah satu cara perkembangbiakan pada hewan dimana hewan tersebut bertelur dan juga melahirkan. Proses ini cukup rumit, tidak seperti hewan yang hanya bertelur atau hewan yang hanya melahirkan. Proses dari berkembangbiak dengan cara ini adalah setelah terjadi perkawinan antara induk jantan dan induk betina maka pada tubuh induk betina akan di hasilkan telur. Namun, beda antara hewan ovipar dan hewan ovovivivar adalah dimana pada hewan ovipar telurnya akan langsung di keluarkan dalam bentuk telur sedangkan pada hewan ovovivipar telurnya akan di diamkan dalam tubuh induknya hingga menetas lalu di keluarkan dalam bentuk anak.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar atau bertelur beranak

Tidak banyak hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara ini. Berikut adalah beberapa hewan yang dapat berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak :

Ular Boa

Hewan reptil yang berukuran cukup untuk memangsa manusia ini adalah hewan yang termasuk kedalam hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur melahirkan. Hewan malam yang hidup secara soliter ini biasanya akan menjadi berbeda saat musim kawin. Hewan ini dapat hidup antara 20 hingga 25 tahun namun siap kawin pada umur 2 sampai dengan 3 tahun. Anak boa yang baru dilahirkan tubuhnya memiliki panjang sekitar 50 sampai dengan 60 cm, sedangkan ular dewasa dapat tumbuh hingga mencapai 13-18 meter. Tidak seperti ular lain, boa melahirkan anak-anak mereka dan bukan bertelur, ini terjadi karena telurnya menetas di dalam tubuh boa tersebut. Boa betina bisa melahirkan 10-40 anak.

Kadal

Kadal juga merupakan hewan reptil sama seperti ular, namun yang menjadi perbedaannya adalah kadal memiliki kaki sedangkan ular tidak memiliki kaki. Kadal juga melakukan perkembangbiakan dengan cara ovovivipar sama dengan ular boa, namun tidak semua hewan berdarah dingin ini berkembangbiak dengan cara tersebut. Pada sebagian kadal ada juga yang berkembangbiak dengan cara ovipar. Karena termasuk kerabat cicak, kadal juga diketahui mampu menumbuhkan kembali ekornya. Lama hamil pada kadal adalah 3 sampai dengan 6 minggu tergantung dari spesiesnya.

Ikan Pari

Ikan pari adalah salah satu dari jenis ikan yang memiliki tulang rawan, dan mereka juga memiliki setidaknya satu sengatan berduri yang ia gunakan untuk menjaga diri dari predatornya. Ikan pari basanya hidup pada perairan tropis dan subtropics. Hewan pari tidak dapat melihat mangsa yang di makannya karena mata ikan pari terletak pada bagian atas tubuhnya sedangkan mulutnya berada pada bagian bawah. Lama kehamilan pada pari berkisar 9 sampai dengan 12 bulan tan tergantung pada jenisnya. Saat hamil, calon anak akan mendapatkan nutrisi dari telur sehingga pari adalah salah satu dari contoh hewan ovovivipar.

Ikan Hiu

Ikan hiu juga termasuk ikan yang memiliki tilang rawan sama seperti ikan pari, ikan hiu juga termasuk perenang ulung. Jenis hiu di dunia ini sangat banyak, bahkan beberapa hiu mungkin masih belum di ketahui karena banyak hiu yang hidup di perairan dalam dan tidak pernah mendekati permukaan. Karena ukuran hiu bermacam-macam dari yang kecil hingga raksasa maka kehamilan pada hiu juga bermacam – macam. Ikan hiu juga termasuk kedalam hewan ovovivivar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel