Contoh Hewan Vivipar Dalam Ilmu Biologi

Anda tentunya telah mengetahui pengertian hewan yang berkembangbiak dengan cara vivipar, yaitu hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara melahirkan. Hewan yang termasuk dalam kelompok vivipar tidak seperti hewan ovivar yang menghasilkan telur.

Contoh Hewan Vivivar
Hewan vivipar biasanya berasal dari hewan mamalia atau hewan yang memiliki kelenjar mamai. Dengan kelenjar ini maka anak yang di lahirkan nantinya akan mendapat nutrisi dari susu ibunya saat ia masih kecil. Hewan tersebut melalukan proses berkembangbiak untuk mempertahankan populasinya atau mempertahankan jenisnya dari kepunahan.

Beberapa Hewan Yang Berkembangbiak Dengan Beranak / Vivipar

Berikut ini adalah beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara beranak yang sering kita jumpai di kehidupan kita sehari – hari:

Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang menjadi favorit untuk di pelihara karena banyak yang menganggapnya sebagai hewan lucu dan menggemaskan. Setelah melakukan perkawinan biasanya kucing akan mengalami masa kehamilan sekitar 2 bulanan (55 hingga 65 hari). Pada masa – masa tersebut calon anak akan berkembang di dalam tubuh induknya yang betina. Jika kehamilan kucing di luar batas normal maka anak yang di hasilkan akan kurang sehat. Setelah masa – masa itu barulah kucing akan melahirkan anaknya, jumlah anak kucing dalam sekali melahirkan rata-rata berkisar 4 ekor.

Sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang sering kita jumpai pada peternakan. Hewan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi manusia, mulai dari susunya yang dapat di minum oleh manusia, dagingnya yang dapat di olah menjadi bahan makanan yang lezat hingga kotorannya yang dapat di gunakan sebagai pupuk kandang untuk menyuburkan tanaman. Sama seperti kucing, calon anak sapi juga akan berkembang di dalam tubuh induknya yang betina. Lama kehamilan pada sapi adalah berkisar 280 hari sebelum ia melahirkan anaknya.

Kambing

Hewan yang sering di jadikan sate oleh manusia ini adalah salah satu contoh dari hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan atau vivivar. Kambing juga termasuk ke dalam hewan mamalia yang menghasilkan kelenjar mamai sehingga hewan ini dapat menghasilkan susu. Susu dari hewan ini juga dapat di minum oleh manusia meskipun produksinya tidak sebanyak produksi susu sapi. Hewan ini biasanya kan mengandung anaknya selama kurang lebih 150 hari sebelum akhirnya anak yang berada di dalam induk betina tersebut di lahirkan.


Kelinci

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang sering di pelihara oleh manusia karena di anggap menggemaskan. Selain itu kelinci juga memiliki banyak variasi warna sehingga semakin menarik untuk di pelihara. Namun tidak semua dapat memeliharanya karena bagi beberapa orang yang alergi terhadap bulu binatang akan meresa terganggu bila memeliharanya. Kelinci juga adalah salah satu hewan amamlia yang melahirkan anaknya dengan cara melahirkan. Lama kehamilan pada kelinci sekitar 32 hari sebelum anaknya lahir.

Gajah

Hewan yang terkenal karena memiliki tubuh yang besar, telinga yang lebar dan hidung yang panjang ini juga termasuk kedalam hewan yang melahirkan anaknya. Gajah biasanya akan hamil selama 640 hari, waktu tersebut cukup lama naamun sesuai jika mengingat ukuran gajah yang cukup besar dari hewan mamalia lainnya. Gajah tidak dapat hidup di semua daerah sehingga tidak semua orang pernah meihat gajah secara langsung, namun karena gajah adalah salah satu contoh yang popular maka kita dapt mengetahuinya melalui gambar dan foto.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel