Edit Text Online Dengan Google Dokumen

Anda pasti pernah menggunakan software pengolah kata dimana nantinya anda dapat melakukan editing text dengan berbagai macam format dan ini dapat anda unduh secara online. Software jenis ini sudah banyak di pakai sejak dulu oleh semua orang baik dalam keperluan kantor, sekolah, kuliah, undangan dan sebagainya.

Edit Text Online
Karena kemudahannya teresbut maka software ini sudah pasti banyak yang menggunakannya bahkan hamper semua orang menggunakan software jenis ini. Katakana saja Microsoft word dan open office, yang menjadi primadona dari software ini. Namun, ada kalanya jika kita mengalami masalah dalam membuka software untuk mengedit text tersebut kita perlu alternative lainnya. Kali ini kami akan membahan bagaimana cara kita dapat melakukan editing text secara online dimana tujuannnya adal jika anda dalam keadaan sedang tidak dapat melakukannya dari software offline anda dan kebutuhan pengeditan tersebut sangat mendadak.

Cara – cara yang dapat anda lakukan sebenarnya sangat simple namun anda perlu memiliki koneksi internet. Selain dapat mengubah teks, anda juga dapat menyimpannya secara online dan di buka di manapun dan kapanpun anda mau selama anda memiliki koneksi internet. Kelebihan lainnya dari cara ini adalah anda dapat mengedit dokumen tersebut bersama dengan teman anda walaupun teman anda tidak dalam tempat yang sama dengan anda. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Anda akan membuka halaman penyedia layanan pengeditan teks secara online DISINI . kita akan menggunakan layanan dari Google karena dengan begitu kita dapat dengan mudah melakukannya dengan rekan kita hanya dengan menggunakan email. Ini sangat mempermudah kita karena tampilannya sangat bagus walaupun anda membukanya di browser. Tapi anda memerlukan akses internet yang standar untuk melakukan loading halaman ini, tidak di sarankan bagi yang memiliki koneksi internet cukup lambat.
  2. Berikutnya klik “buka google dokulen”, lalu anda akan di arahkan menuju halaman untuk membuat dokumen baru. Anda dapat memilih blank document jika anda menginginkan membuat halaman yang di mulai dengan lembaran kosong.
  3. Berikutnya, Biasanya saat pertama membuka halaman ini anda akan di tawari “voice to type” yang artinya anda dapat berbicara dan akan otomatis di ketik di sana. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak dapat di lakukan oleh bantuan ini.
  4. Berikutnya adan dapat mengedit tulisan ini seperti anda menggunakan aplikasi secara offline namun ada beberapa menu yang sudah pasti berbeda letaknya. Dan anda dapat membagikannya dengan menekan tombol “share” pada bagian kanan atas.

Selain keunggulan-keunggulan tadi, anda juga dapat mempublish dokumen tersebut dengan cara memilih menu file lalu pilih publish to web. Anda juga dapat mengunduh hasilnya dengan klik menu file lalu pilih “download as”. Disini anda akan di berikan ekstensi apa yang ingin anda download. File yang anda download tersebut nantinya anda juga dapat mengeditnya secara offline sehingga anda tidak perlu khawatik akan menjadi sia-sia mengedit secara online tersebut. Atau anda juga bahkan dapat langsung mencetak file yang anda buat tadi pada menu print yang telah di sediakan layanan ini sehingga akan menjadikan anda lebih mudah untuk membuat versi cetaknya, namun anda tentu harus memiliki perangkat yang mendukung cetak tersebut.

Sekian tulisan ini, jika anda masih bingung atau ingin bertanya silahkan menggunakan kolom komentar di bawah atau dengan cara mengunjungi fanspage kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel