Cara Berkembang Biak Gajah

Gajah memiliki siklus reproduksi yang kompleks. Mereka memiliki saluran reproduksi besar, masa kehamilan yang lama, menghasilkan anak yang  besar dan membutuhkan masa perkembangan yang panjang.
pasangan gajah

Cara berkembang biak gajah

Cara berkembang biak gajah adalah dengan cara melahirkan atau disebut vivivar. Dimana calon anak akan berkembang di tubuh induk betina pada proses kehamilan berlangsung. gajah memiliki masa kehamilan yang sangat lama yaitu sekitar 18 hingga 22 bulan.

Sistem reproduksi pada gajah

karena gajah adalah termasuk hewan mamali maka hewan ini memiliki sistem reproduksi yang hampir sama dengan mamalia lainnya, namun karena ukurannya yang besar, maka terdapat sedikit perbedaan dan masa kehamilan pada gajah juga lebih lama dari mamalia lainnya. berikut adalah sistem reproduksi pada gajah.

Sistem reproduksi gajah jantan

Organ reproduksi pada gajah jantan hampir sama dengan mamalia lainnya. Namun tidak seperti mamalia lainnya, testis gajah terletak di dalam tubuh dan dengan ginjal. saluran reproduksi jantan ini memiliki panjang sekitar 2 meter. gajah jantan mulai memproduksi sperma saat berumur antara 10 dan 15 tahun.

Gajah jantan akan mengibaskan telinga mereka lebih sering ketika mereka siap untuk kawin. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyebarkan aroma mereka secara lebih luas dari sebelumnya dan untuk menarik betina yang dapat menjadi potensi pasangan. Laki-laki yang lebih tua dan berumur 40 - 50 tahun adalah yang paling mungkin untuk berkembang biak dengan betina. Betina siap untuk berkembang biak ketika mereka berumur sekitar 14 tahun.

Sistem reproduksi gajah betina

Sistem reproduksi dari gajah betina telah dipahami dengan lebih baik dalam 30 tahun terakhir melalui kombinasi penelitian menggunakan nekropsi, tes hormonal dan investigasi ultrasonik. Seekor gajah betina mungkin mengeluarkan suara-suara dan menunjukkan minat yang lebih besar dan antusiasme pada gajah jantan. Gajah jantan akan menguji kesiapan gajah betina untuk berkembang biak dengan melakukan perilaku flemen, yang menggunakan belalainya untuk membawa sampel urin pada reseptor veromonasal di mulutnya.

Reseptor sensorik mengirimkan sinyal kimia ke otak gajah mengatakan kepadanya jika betina siap untuk berkembang biak. "Pacaran" dapat berlangsung dari 1 jam sampai 4 hari di mana gajah jantan akan tinggal di dekat gajah betina dan menjaganya dari jantan yang lainnya. Setelah 1 sampai 3 hari, gajah betina tidak akan lagi menerima pemuliaan atau mampu hamil. Biasanya, gajah betina liar akan mulai bereproduksi pada umur 12 sampai 14 tahun, kadang-kadang lebih awal di kebun binatang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel