Pengertian Gerak beserta Jenis - Jenis Gerak

Kita tentunya sangat sering mendengar kata gerak, bergerak, berpindah berputar dan sebagainya. kesemua itu termasuk kedalam satu pembahasan yaitu pembahasan mengenai gerak. Gerak sendiri dapat dibagi menjadi tiga tipe dasar yaitu translasi, rotasi, dan osilasi. Namun terdapat juga bentuk yang lebih kompleks. Berikut adalah uraian mengenai gerak lebih lanjut.
bergerak

Pengertian Gerak

Gerak adalah suatu perubahan posisi atau kedudukan suatu benda dari titik acuan atau titik keseimbangan awalnya. Gerak dapat berupa perpindahan, perputaran dan getaran.

Gerak sendiri memiliki nilai ( misalnya jarak untuk translasi ) dan arah ( misalnya ke kanan, maju dan sebagainya) yang dapat di gunakan dalam perhitungan pada disiplin ilmu fisika.

Macam - macam Gerak

Gerak tidak hanya terbatas pada benda yang mengalami perubahan posisi seperti maju dan mundur, lebih dari itu gerak dapat di bedakan sebagai berikut ini.

Gerak Translasi

Hasil dari terjadinya gerak translasi adalah perubahan lokasi. mungkin ini adalah jenis yang paling dasar yang kita kenal sejak dulu. Jenis ini mungkin tampak sangat mudah untuk difahami, tetapi obyek yang dapat bergerak belum tentu melakukan translasi. Misalnya anda bangun di pagi hari dan pergi bekerja ( jelas terjadi perubahan lokasi pada diri anda ), tapi saat malam hari anda kembali lagi ke rumah lalu kembali tempat tidur yang sama di mana anda bangun tadi. Apakah ini gerak translasi ? Itu tergantung. Jika masalahnya adalah untuk menentukan seberapa jauh anda melakukan perjalanan dalam satu hari, maka ada dua kemungkinan jawaban: anda pergi untuk bekerja ( 10 km ) dan kembali ( 10 km, jadi totalnya 20 km). Jawaban pertama saat pergi bekerja saja adalah gerak translasi sedangkan jika anda kembali maka menjadi gerak osilasi.

Gerak Osilasi

Gerak osilasi adalah gerakan berulang-ulang dan berfluktuasi antara dua lokasi. Pada contoh sebelumnya pergi dari rumah untuk bekerja anda  disebut bergerak, tapi saat pulang pada akhirnya anda tidak pergi ke mana - mana. Tipe gerak yang kedua ini dapat jelas terlihat pada pendulum ( benda yang di gantung dengan benang lalu di ayunkan, seperti milik penghipnotis ), getaran pada senar gitar, dan laci (membuka, menutup, membuka, menutup ).

Gerak osilasi sangat menarik karena sering membutuhkan jumlah waktu yang tetap untuk terjadinya osilasi.  Gerakan semacam ini dikatakan periodik dan waktu untuk satu osilasi lengkap ( satu siklus ) disebut periode. Gerak periodik penting dalam studi suara, cahaya, dan gelombang. Banyak sekali ilmu fisika yang dikhususkan untuk mempelajari gerakan berulang ini.

Gerak Rotasi

Gerak rotasi terjadi ketika sebuah benda berputar. bumi berada dalam keadaan konstan gerak, tapi dimana letak geraknya? Setiap dua puluh empat jam bumi membuat satu putaran lengkap pada porosnya ( sebenarnya tidak tepat namun sedikit kurang dari itu, tapi jangan terjebak dalam rincian ) Matahari melakukan hal yang sama, tetapi dalam waktu sekitar dua puluh empat hari. Banyak benda langit seperti planet, asteroid, dan komet juga melakukan gerakan ini dimana masing-masing memiliki periode sendiri. ( Perhatikan bahwa gerak rotasi sering periodik). Pada tingkat yang lebih biasa seperti CD dan roda juga berputar. semua itu  harusnya cukup sebagai contoh untuk memahami gerakan ini.

Gerak Acak

Beberapa gerak dapat diprediksi dalam teori tetapi menjadi tak terduga dalam praktek, ini yang membuatnya tampak acak. Sebagai contoh, sebuah molekul tunggal dalam gas akan bergerak bebas sampai menyerang molekul lain atau salah satu sisi dinding. Arah molekul setelah tabrakan seperti ini benar-benar dapat diprediksi menurut teori saat mekanika klasik. Tapi, setiap pengukuran memiliki ketidakpastian yang terkait dengan itu. Setiap perhitungan dibuat dengan menggunakan hasil pengukuran akan memiliki ketidakpastian. Sekarang bayangkan bahwa Anda sedang mencoba untuk memprediksi gerakan dari atom gas dalam sebuah wadah. Setelah mengukur posisi dan kecepatan masing-masing seakurat mungkin, Anda memasukkan data ke komputer dan membiarkannya melakukan perhitungan untuk Anda. Karena terkait dengan setiap molekul mungkin putaran pertama perhitungan akan sedikit salah. Angka-angka yang salah kemudian akan digunakan pada perhitungan berikutnya dan hasilnya akan menjadi sedikit lebih salah. Setelah sekian miliar kali perhitungan, kesalahan yang parah tersebut akan membuat hasil tidak berguna. molekul bisa di mana saja dalam wadah. Jenis keacakan disebut kekacauan.

Beberapa gerak tidak dapat diprediksi dalam teori dan benar-benar acak. Misalnya, gerakan elektron dalam atom pada dasarnya tidak terduga karena konspirasi aneh alam dijelaskan oleh mekanika kuantum. Semakin keras Anda mencoba untuk menemukan elektron, semakin sedikit Anda tahu tentang kecepatannya. Semakin keras Anda mencoba untuk mengukur kecepatannya, semakin sedikit Anda tahu tentang lokasi. Ini adalah kualitas mendasar dari benda-benda kecil seperti elektron dan tidak ada jalan lain. Meskipun elektron sering dikatakan "orbit" inti atom, tegasnya, hal ini tidak benar. Tidak ada nama untuk jenis gerak ini karena konsep gerak bahkan tidak berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel