Cara Berkembang Biak Bunglon

Bunglon adalah hewan sejenis reptil yang berdarah dingin, dimana artinya suhu tubuh mereka bervariasi tergantung dari suhu daerah mereka. Mereka terkenal karena memiliki kemampuan untuk merubah warna kulitnya tergantung dari tempatnya. hewan ini biasanya beristirahat pada malam hari, mereka menghangatkan diri mereka saat hari dengan cara berjemur, atau beristirahat di bawah sinar matahari. Jika mereka merasa diri mereka terlalu hangat, mereka akan menurunkan suhu tubuh mereka dengan beristirahat di tempat teduh. Semua kegiatan dari hewan ini berlangsung selama siang hari.
Kebanyakan bunglon lebih memilih untuk hidup sendiri. Bunglon jantan sangat menghargai wilayah mereka atau ia akan melindungi daerah mereka dari gangguan bunglon yang lain. Jantan dan betina saling bertoleransi hanya sebentar selama musim kawin.

Pada musim kawin, jantan mencoba untuk menarik perhatian betina untuk dapat berkembangbiak dengan cara menganggukan kepala mereka, menggembungkan tenggorokan mereka dan juga menampilkan warna terang mereka. Betina dapat menerima atau menolak jantan. Jika betina menolak, ia mungkin akan melarikan diri atau ia juga dapat menghadapi jantan dan mendesis dengan mulut terbuka. Dia bahkan mungkin menyerang dan menggigitnya. Gigitan serius dari betina ini bisa membunuh bunglon jantan.

Sebagian besar spesies bunglon berkembang biak dengan cara bertelur ( ovipar ). Telur tersebut nantinya akan ditempatkan di terowongan atau lubang-lubang di dalam tanah atau di bawah batu atau daun. Hal ini membuat telur mereka menjadi dingin dan lembab. Setelah bertelur, betina menutupi area dengan kotoran untuk menyembunyikannya dari predator. Bunglon biasanya bertelur setelah periode kehamilan selama 3 sampai dengan 6 minggu.
Namun ada juga bunglon yang melakukan perkembang biakan dengan berenak bukan bertelur, ini terjadi pada spesies tertentu. Spesies ini sering tinggal di daerah di mana cuaca sangat dingin di musim dingin dan di mana telur ditempatkan langsung di tanah mungkin tidak menetas karena dingin.

Anak bunglong saat lahir dan harus mencari makan sendiri dan tempat tinggal sendiri. Makanan bunglon adalah serangga - serangga kecil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel